FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2019

    2074

    Asmat Jadi Daerah Pertama di Papua Nikmati Palapa Ring Timur

    Kategori Sorotan Media | meit001

    ASMAT, KOMPAS.com - Distrik Agats Kabupaten AsmatPapua menjadi kota pertama yang menikmati jaringan internet menggunakan fasilitas Palapa Ring Paket Timur.

    Pemanfaatan tersebut dilakukan bersamaan dengan pencanangan TV digital di perbatasan yang digelar pada Sabtu (31/8/2019) di Nunukan, Kalimantan Utara.

    Direktur Sumber Daya dan Administrasi Badan Aksesibilitas dan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Fadhilah Mathar mengatakan, satelit Palapa Ring memang ditujukan untuk wilayah yang terpencil, terluar dan tertinggal atau dikenal dengan 3T.

    "Poin dari kegiatan ini mau menggaungkan bahwa digital dan internet tidak hanya konsumsi masyarakat urban, tapi juga dapat di wilayah 3T," ujar Fadhilah saat ditemui di Agats, Asmat.

    Dalam video conference yang dilakukan dari Nunukan dan ditayangkan langsung di Asmat, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, Palapa Ring akan menghubungkan semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Tepatnya, ada sekitar 514 kabupaten/kota.

    "Konstruksi Palapa Ring baru selesai 14 Agustus kemarin. Sekarang disinkronisasi dengan Palapa Ring Barat dan Tengah," kata Rudiantara.

    Dengan terkoneksinya tiga jaringan Palapa Ring tersebut, maka jaringan internet yang diterima masyarakat di kota besar hingga terpencil tak lagi ada kesenjangan.

    Hal tersebut, kata Rudiantara, dibuktikan dengan lancarnya video conference di dua zona berbeda tersebut tanpa terputus ataupun delay.

    "Ini menunjukkan tidak ada perbedaan kota besar, kota kecil, pegunungan, kita bisa lakukan komunikasi dengan cara ini," kata Rudiantara.

    Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu menyambut baik pengoperasian satelit Palapa Ring Timur dan menjadikan Asmat sebagai kota pertama yang menikmatinya.

    Elisa mengatakan, salah satu kebutuhan masyarakat di Asmat memang jaringan komunikasi yang lebih baik.

    Selama ini, jangkauan internet memang sudah masuk ke Asmat, namun kapasitasnya sangat terbatas.

    "Saya harap setelah acara ini harus dioperasikan lah. Kita susah juga untuk menjangkau saudara lain di luar sana," kata Elisa.

    Selain itu, Elisa berharap pengoperasian Palapa Ring juga memberi ruang bagi operator selular lain masuk ke Asmat. Sebab, saat ini operator yang hanya bisa diakses di sana hanya Telkomsel.

    "Palapa Timur diharapkan diberi ruang supaya operator lain bisa akses ini sehingga pemanfaatan pelayanan masyarakat, pemerintah, sekolah, semua database bisa gampang," kata Elisa.

    Sumber : kompas.com

    Berita Terkait

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Pemerintah Pasang Fitur Baru di Aplikasi PeduliLindungi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN dan Telkom Indonesia mengumumkan fitur baru pada aplikasi PeduliLindungi. Fitur ini Selengkapnya

    Kominfo Gelar Siaran Digital Perdana di Perbatasan RI - Malaysia

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara meluncurkan siaran digital di perbatasan Indonesia, salah satunya di Nunukan, Kalim Selengkapnya

    Indosat manfaatkan jaringan Palapa Ring

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA