FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 09-2019

    1601

    Menkominfo Salut dengan Karya Unik Alumni DTS Penyandang Disabilitas

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi hasil karya Paramudita Baswara. Alumni S1 Jurusan Informatika Universitas 11 Maret Solo itu menjadi peserta beasiswa pelatihan Internet of Things (IoT) Fresh Graduate Academy (FGA) Program Digital Talent Scholarship (DTS).

    Baswara, seorang penyandang disabilitas penglihatan. Kendati demikian, ia unjuk karya akhir alat untuk mengaktifkan sumber listrik seperti AC, atau lampu hanya dengan sekali tepukan tangan.

    Menteri Rudiantara mengapresasi karya Baswara saat memperkenalkannya di acara Peluncuran Akbar  Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi Aplikasi (SIMONAS).

    “Ini suatu kreasi yang bagus. Teman kita ini menggunakan IoT (Internet of Things). Jadi belajarnya modul IoT,” kata Rudiantara saat meluncurkan SIMONAS dengan menggunakan karya Baswara di Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (05/09/2019).

    Menteri Kominfo berharap, karya dari Baswara itu , tidak hanya digunakan untuk launching Simonas.  “Saya minta tolong, Biro Umum, bantu desain untuk kantor-kantor di Kementerian Kominfo yang akan datang pakai ini dengan IoT, nanti kita biayai,” jelas Rudiantara

    Menurut Menteri Kominfo, karya peserta DTS 2019 akan menjadi lebih bernilai jika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Jangan sampai nanti kita buat begini hanya ada di atas meja atau hanya praktik. Jadi kalau makin begini, jualan BTS nya makin laku,” tambahnya.

    Mengenai SIMONAS, Menteri Rudiantara mengatakan pemanfaatan SIMONAS  dikhususkan untuk alumni DTS untuk meningkatkan kapasitas dan kapibilitas keterampilan. Melalui Simonas, Rudiantara berharap alumni DPS mendapatkan informasi pekerjaan dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan talent.

    “Kita memastikan mereka (alumni DTS) juga bisa masuk di lapangan pekerjaan nanti, sekarang kan mungkin yang mempunyai keterampilan tidak tau kerja dimana, yang punya perusahaan pencari kerja tidak tau cari dimana. Ini dibuatkan semacam platform,” tuturnya **

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA