FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 09-2019

    3137

    Pemerintah Berhasil Percepat Transformasi Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) memaparkan keberhasilan Indonesia dalam mempercepat proses transformasi digital selama lima tahun terakhir. Hal tersebut disampaikan dalam ajang International Telecommunication Union (ITU) Telecom World Budapest 2019 yang digelar di Budapest, Hungaria.

    Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkominfo Niken Widiastuti menyampaikan, pembangunan lima tahun terakhir di Indonesia difokuskan pada penyediaan infrastruktur untuk memeratakan konektivitas dan meningkatkan pertumbuhan. Pada tahun ini, Kemenkominfo pun telah berhasil menyelesaikan koneksi backbone serat optik di semua kota di Indonesia, atau lazim disebut proyek Palapa Ring.

    “Tak hanya menyediakan infrastruktur, kami juga mendukung pengembangan masyarakat dengan meningkatkan sumber daya manusia agar semakin berkualitas melalui e-literacy, dan pada saat yang sama, menyediakan platform, aplikasi, dan konten yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar Niken, dalam keterangannya, Selasa (10/9).

    Pada kesempatan tersebut, Niken berbicara tentang dua poin utama dalam pembangunan telekomunikasi dan digital di Tanah Air. Pertama, kemajuan Indonesia dalam meluncurkan jaringan backbone kapasitas tinggi nasional, atau Palapa Ring.

    Kedua, adanya skema kerja sama pemerintah dan badan usaha/pembiayaan kemitraan publik-swasta (KPBU/PPP) agar adopsi model bisnis yang disruptif, redistribusi pendapatan, shared economy, dan digitalisasi tenaga kerja mudah tercapai.

    “Saat ini, pemerintah Indonesia telah memposisikan dirinya tidak hanya sebagai penyedia layanan publik, tetapi juga sebagai fasilitator dan kolaborator untuk bersama memecahkan masalah masyarakat,” tambahnya.

    Dia pun menjabarkan lebih lanjut terkait kedua poin tersebut. Terkait pengembangan telekomunikasi, Kemenkominfo mendasarkan pada sudut pandang tersedianya ekosistem perangkat, jaringan, dan aplikasi (device, network, dan application/DNA). Sedangkan terkait pengembangan jaringan backbone, proyek Palapa Ring telah 100% selesai dibangun pada 2019.

    “Palapa Ring akan memberikan akses broadband berkecepatan tinggi dari ujung barat Indonesia terjauh ke wilayah paling terpencil di Indonesia timur, menyediakan konektivitas, dan penetrasi internet ke semua, 514 kota, di semua pulau besar di Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” jelas Niken.

    Sementara itu, terkait proyek broadband yang dibangun oleh pemerintah melalui skema KPBU memiliki kecepatan tinggi telah menjangkau lebih dari 12.000 km kabel serat optik bawah laut dan terestrial, 49 Microwave Hops, dan mencakup daerah pegunungan dengan sumber daya listrik yang terbatas.

    Dalam menyediakan teknologi terestrial dan stasiun penerima sinyal dari satelit (very small aperture terminal/VSAT) di wilayah yang terpencil untuk mengintegrasikan jaringan Indonesia, sejumlah dana yang berasal dari KPBU/PPP dialokasikan untuk mencukupi semua kebutuhan masyarakat dengan cara yang paling efisien dan efektif, termasuk dalam penyebaran infrastruktur telekomunikasi.

    Sumber : Investor Daily

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA