FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 09-2019

    2746

    Presiden: Pulau Nias Pilar Pertumbuhan Ekonomi Nasional

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Para peserta surfing putri membawa papan selancarnya saat mengikuti kategori Women Qualifying Series (QS) 1000 Nias Pro Internasional Surfing 2019 di Pantai Sorake, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2019). Sebanyak 126 peselancar dari 15 negara bersaing pada Nias Pro Internasional Surfing digelar 10-15 September 2019 yang merupakan bagian dari acara Sail Nias 2019. - (antarafoto)

    Nias Selatan, Kominfo – Presiden Joko Widodo menekankan bahwa, salah satu pilar pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah di sektor pariwisata. Kepulauan Nias menurut Presiden Jokowi menjadi bagian dari pertumbuhan tersebut.

    Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan saat mewakili Presiden Joko Widodo membuka puncak acara Sail Nias 2019 

    “Salah satu pilar pertumbuhan kita sekarang menurut Presiden adalah pariwisata, Nias masuk dalam itu,” kata Menko Luhut di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan, Sabtu (14/09/2019).

    Atas nama pemerintah, Menko Luhut juga meminta kepada seluruh masyarakat di Kepulauan Nias agar secara bersama-sama merespon positif perkembangan tersebut.

    “Saya mohon dengan sangat teman-teman di Nias ini, kita sama-sama membangkitkan diri, menyiapkan diri dan menyambut nanti kalau para investor pariwisata datang ke Nias,” ujarnya.  

    Lebih lanjut, Menko Luhut mengatakan, meskipun Presiden Joko Widodo batal menghadiri puncak acara Sail Nias 2019 karena dalam suasana berkabung. Namun, Presiden sebelumnya antusias menghadiri acara tersebut. 

    “Beliau menyampaikan sangat sangat menyesal sekali tidak bisa hadir pada saat hari yang berbahagia ini, padahal beliau ikut mendorong kami untuk ke Nias Ini. Presiden mengatakan Sail Nias surfing ini berkelas,” ucap Menko Luhut saat menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo.

    Turut hadir mendampingi Menko Luhut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang juga Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 Yasonna Laoly. 

    Selanjutnya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan beberapa pejabat negara lainnya.

    Nias Punya Potensi Wisata Dunia

    Momentum Sail Nias 2019 mendapatkan dukungan penuh berbagai pihak. Mulai dari pemerintah daerah, provinsi hingga pemerintah pusat menaruh perhatian besar atas terselenggaranya event tahunan tersebut. 

    Hal itu terlihat saat terselenggaranya acara puncak Sail Nias 2019 di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan dengan menghadirkan beberapa menteri strategis di sektor pariwisata dan perdagangan.

    “Nias memiliki potensi wisata kelas dunia sebagai lokasi surfing terbaik di dunia, dan juga merupakan tempat arkeologi megalitikum,” kata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam sambutannya di puncak acara Sail Nias 2019, Sabtu (14/9). 

    Edy mengatakan, masyarakat Sumatera Utara khususnya di Kepulauan Nias mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat dalam menyelenggarakan Sail tahun ini di Nias.

    "Kami berharap kiranya selalu berkenan pemerintah memberi perhatian pada sektor pariwisata di Nias Selatan," imbuhnya 

    Edy memaparkan, kunjungan wisatawan asing di Sumatera Utara pada tahun 2018 berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Sumatera Utara bejumlah 231,465 wisatawan.

    "Melalui penyelenggaraan event Sail Nias ini, diharapkan terdapat peningkatan angka kunjungan di Sumatera Utara, terutama kepulauan Nias," tutur Edy. 

    "Saya berharap kita dapat jadi tuan rumah yang dapat memberi informasi dan layanan yang baik pada pengunjung baik lokal maupun manca negara," tambahnya

    Edy juga mengatakan, masyarakat kepulauan Nias telah berupaya semaksimal mungkin mempersiapkan  event Sail Nias, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat memperetat kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI. **

    Berita Terkait

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    Presiden Ajak ASEAN dan Australia Perkuat Kemitraan di Usia Emas 50 Tahun

    ASEAN dan Australia berbagi tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan tersebut. Selengkapnya

    Susun RKP 2025, Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

    Pada tahun 2025 pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 5,3-5,6 persen. Selain itu pemerintah juga menargetkan penuru Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA