FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 09-2019

    1823

    Masyarakat Pangandaran Harus Bisa Bedakan Hoaks dan Informasi

    Kategori Sorotan Media | meit001

    PANGANDARAN - Komisi I DPR dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komekominfo) gelar sosialisasi tentang bahaya hoaks di salah satu hotel, Kabupaten Pangandaran, Minggu (15/9/2019).

    Anggota Komisi I DPR dari Daerah Pilihan Kabupaten Ciamis, Kuningan, Pangandaran, dan Kota Banjar Budi Youyastri mengatakan, informasi bohong atau hoaks selalu ada. Karena itu, masyarakat harus bisa memilah dan memilih informasi serta mampu membedakan antara hoaks dan informasi yang benar.

    "Hoaks biasanya dibuat atas dasar kepentingan sesaat tanpa memikirkan dampak dan risiko yang bakal terjadi," kata Budi.

    Budi berharap, masyarakat bisa bersikap dewasa dan bijak saat mendapatkan informasi dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

    "Agama kita mengajarkan, jika bisa menyampaikan kata-kata yang baik maka sampaikan, tapi kalau tidak bisa menyampaikan yang baik mending diam," ujar Budi.

    Kepala Sub Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik dan Pemerintahan Kemenkominfo) Hipolitus Layanan mengatakan, dampak media sosial sangat besar mempengaruhi pola pikir masyarakat.

    "Hoaks biasanya disebar melalui media sosial dan hal itu bisa mengancam persatuan dan kesatuan masyarakat," kata Hipolitus.

    Biasanya, ujar dia, sumber penyebar hoaks tidak jelas dan diberi judul bombastis untuk merangsang pikiran pembaca agar penasaran.

    "Hoaks pun biasanya disajikan tanpa detail dan kronologi tidak jelas. Maka, hati-hati jika mendapat informasi yang belum akurat," ujar dia.

    Hipolitus berpesan apabila masyarakat mendapatkan informasi yang negatif hendaknya tidak menyebarkan karena akan menyesatkan orang yang menerimanya.

    Sumber : sindonews.com

    Berita Terkait

    Lewat KIM, Kominfo Manfaatkan Karang Taruna dan PKK Desa untuk Menyebarkan Informasi Pilkada

    Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) memiliki banyak cara untuk mendekati masyarakat agar informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Selengkapnya

    Sekjen Kominfo: Pejabat Fungsional Harus Bekerja Cepat, Adaptif dan Inovatif

    JAKARTA, koranindonesia.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan penyetaraan Selengkapnya

    Kini Warga Teluk Wondanama Bisa Menikmati Akses Internet

    REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDANAMA— Tidak cuma terhubung jaringan telepon seluler, masyarakat di kampung daerah pedalaman, pesisir juga bebe Selengkapnya

    Hasil Sanggah CPNS 2019 di Kominfo Diumumkan, Simak Informasinya

    Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) telah mengumumkan hasil akhir seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA