FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 09-2019

    311

    Menkominfo Apresiasi Terbitnya Buku Jagat Digital

    Kategori Berita Kementerian | adhi004
    - (Sina)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi penerbitan buku berjudul Jagat Digital. Buku yang ditulis oleh orang Indonesia itu, menurut Menteri Rudiantara mampu membahas tentang digitalisasi secara ilmiah.

    "Dalam konteks digital yang ilmiah ini mungkin bukan satu-satunya, tapi salah satu yang justru mempunyai kadar ilmiah yang tinggi," kata Rudiantara dalam Peluncuran Buku Jagat Digital: Pembebasan dan Penguasaan karya Agus Sudibyo di Auditorium Adhiyana, Wisma ANTARA, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

    Dalam buku itu, Menteri Rudiantara menulis bagian pengantar. Menurut Menteri Kominfo, dirinya cukup terkejut ketika pertama kali melihat buku tersebut karena sangat tebal. "Saya pikir ini buku atau kamus," katanya.

    Menteri Rudiantara mengupas digitalisasi di Indonesia. Menteri Kominfo menegaskan komitmen Pemerintah untuk selalu mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui perusahaan rintisan atau startup. "Pada tahun 2020, nilai ekonomi digital di Indonesia akan mencapai 30 miliar dolar," tandasnya seraya mengajak memanfaatkan peluang itu.

    Sementara itu, penulis anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menekankan bahwa perkembangan teknologi dan digitalisasi juga berpengaruh terhadap berbagai permasalahan politik. Ia juga menyoroti maraknya penyalahgunaan data-data pribadi oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

    "Teknologi kita pakai bukan hanya mempermudah kehidupan kita tetapi juga mengandung fungsi mata-mata," kata Agus seraya meminta agar semua pihak siap dalam menghadapi era digital.

    Berita Terkait

    Dirjen SDPPI: Indonesia Harus Siap Jadi Bangsa Digital

    Masyarakat Indonesia harus benar-benar siap, termasuk kesiapan akan mitigasi risiko, saat menghadapi keniscayaan transformasi dari bangsa fi Selengkapnya

    Menkominfo: Bisnis IoT untuk Kedaulatan Negara

    Pemerintah mendukung sepenuhnya pengembangan bisnis Internet of Things (IoT) di Indonesia, sepanjang teknologi pintar itu bisa memastikan ke Selengkapnya

    Menkominfo Dukung PT Jadi Pusat Penelitian Produk Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menekankan pentingnya pengembangan inovasi dari dunia pendidikan, khususnya pada pergurua Selengkapnya

    Kominfo-Kemenag Serah Terima Gedung Pusat TIK Nasional

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Agama menjalin kesepakatan terkait alih status Barang Milik Negara (BMN) berupa N Selengkapnya