FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 09-2019

    829

    Pemerintah Harap Masyarakat Maluku Tidak Percaya Berita Hoaks tentang Bencana

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Mendikbud Muhadjir Effendy menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada para siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang mengungsi di SMAN 4 Salahutu, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Senin (30/9/2019). Mendikbud meninjau sekolahan yang rusak, bertemu siswa serta memberikan bantuan bagi korban gempa bumi magnitudo 6,8 yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis (26/9/2019). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Pemerintah mengharapkan masyarakat Maluku untuk tidak terpengaruh informasi atau berita-berita hoaks tentang bencana. 

    “Pengungsi ini ditakuti-takuti adanya informasi bahwa akan ada gempa susulan yang lebih besar, ditakut-takuti adanya tsunami menyusul gempa itu. Padahal tidak ada badan-badan resmi manapun yang memberitakan itu, yang memberikan informasi itu,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/9/2019).

    Diketahui, telah terjadi gempa 6,8 magnitudo di Maluku pada Kamis (26/9). Gempa tersebut mengakibatkan korban jiwa, korban luka, kerusakan tempat tinggal maupun fasilitas-fasilitas umum, dan pengungsi yang kehilangan tempat tinggalnya.

    “Tadi Kepala BNPB sudah langsung melaporkan dari hasil kunjungan ke Maluku dan langkah-langkah apa yang sudah dilakukan di sana. Dari laporan kepala BNPB Sekitar 700 rumah yang rusak berat, rusak ringan dan rusak sedang,” ujar Menko Polhukam.

    Menurut Menko Polhukam, Pemetintah pusat seperti BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan tengah melakukan langkah-langkah untuk meringankan beban dari para korban bencana alam yang melanda Maluku.

    Berita Terkait

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Pemerintah Tetapkan Ramadan 12 Maret 2024, Menag: Junjung Tinggi Toleransi

    Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa tanggal 12 Maret 2024. Selengkapnya

    Pemerintah Mutakhirkan Layanan Digital Izin Nakes dalam MPP Digital

    Pemerintah secara terus-menerus melakukan berbagai perbaikan pelayanan publik. Salah satunya adalah dengan melakukan langkah percepatan mela Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA