FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 10-2019

    1744

    IFaS-Fest 2019, Berkarya Lampaui Harapan

    SIARAN PERS NO. 191/HM/KOMINFO/10/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 191/HM/KOMINFO/10/2019
    Kamis, 03 Oktober 2019 
    Tentang
    IFaS-Fest 2019, Berkarya Lampaui Harapan
     
     
    Bogor, Kominfo – Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) harus mampu berkarya dengan cara yang tidak biasa-biasa saja.

    Do something better, lakukan lebih dari itu, berhasil atau tidak, itu hal lain. Kita  bangun kultur innovation  beyond expectation.  Ini biasanya dari anak muda, beri kesempatan anak-anak muda menampilkannya. Saya yakin SDM kita ini the best, saya tidak pernah ragu,” kata Dirjen SDPPI Kominfo Ismail mengawali gelaran Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS-Fest) 2019 di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort & Convention, Bogor, Kamis (03/10/2019).
     
    Dirjen SDPPI meminta seluruh jajaran di direktorat dan unit pelaksana teknis (UPT) benar-benar memahami lingkungan di dunia information and communication technology (ICT). “Ini ekosistem  kita yang yang penuh warna. Tapi warna-warni itu bukanlah perbedaan, melainkan  dinamika, suatu berkah dari berbagai macam pikiran untuk menjadi suatu yang luar biasa,” ujarnya.
     
    Melalui ajang IFas-Fest kedua ini, para peserta mampu beradaptasi  berbagai perubahan dengan cepat dan tepat. Mengutip pesan Presiden, bukan bangsa besar mengalahkan yang kecil, bukan bangsa kuat mengalahkan yang lemah. Melainkan bangsa yang cepatlah akan menggilas mereka yang lambat.
     
    Namun demikian, lanjut Ismail, tidak cukup perubahan yang diikuti itu hanya dengan cepat. “Perubahan juga harus dilakukan dengan tepat. Teman-teman di Ditjen SDPPI harus merefleksikan visi kita dengan cepat dan tepat,” tegas Ismail.
     
    Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Ditjen SDPPI tidak boleh merasa aman  di zona nyaman. Semua diimbau untuk bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dan di luar kebiasaan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. 
     
    Bagi para pejabat, diingatkan untuk  menyiapkan pemimpin-pemimpin baru yang akan membawa Ditjen SDPPI ke depan menjadi lebih baik lagi.
     
    Go Branding
     
    Tahun lalu, IFaS-Fest  2018 telah mengangkat tema Innovation Sharing, sebagai  terobosan dalam mewadahi ide, inovasi dan kreativitas  layanan publik. Sedangkan tema Go Branding di IFaS-Fest  2019 merupakan tahapan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bagaimana  keragaman inovasi mampu memberikan solusi terbaik.
     
    Hal tersebut tergambar dalam setiap sesi dalam IFaS-Fest  2019. Pertama,  Go Branding Sharing Session yang menghadirkan beberapa pambicara, yaitu Erwin Parengkuan (Personal Branding & Social Media Communication), Capt Vincent Raditya (Pilot and Youtuber), Ario Pratomo (Creative Industry Players as Content Creator),  dan Ditjen Pajak (Government Institution Branding).
     
    Kedua, Appreciation Night, dimana pada malam harinya disampaikan pengumuman pemenang lomba dan saring inovasi bagi pemenang lomba SDPPI Idea. SDPPI Creator bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pegawai Ditjen SDPPI dalam mem-branding institusinya melalui infografis, video dan foto, dengan tema lomba “Bekerja
    Untuk Negeri”. Kategori yang dilombakan Video Story, Photo Shoot, Kategori Photo Series, dan Infographic. Tercatat finalis dalam kategori ini berjumlah 20 orang.
     
    Berikutnya SDPPI Idea, merupakan lomba inovasi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai Ditjen SDPPI untuk menyampaikan ide/karya inovasi, serta untuk mendapatkan model/usulan/ide/karya inovasi yang memberikan manfaat bagi SDPPI. Lomba SDPPI Idea terdiri dari dua kategori.

    Pertama, Group Project dengan tema pilihan tema branding issue, capacity building, dan substansi satuan kerja. Pada kategori ini akan memperlombakan proposal yang selanjutnya menjadi program kerja di Unit Kerja Ditjen SDPPI. Kedua, MySimple Thought dengan pilihan tema inovasi pelayanan publik dan inovasi pelayanan perkantoran.  Tercatat 10 finalis perorangan dan kelompok ytang memperebutkan penghargaan SDPPI Idea.
     
    Award lainnya yang akan dibagikan adalah SDPPI Choice Award, yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada unit kerja berprestasi dalam tertib administrasi. Kategori yang dilombakan UPT dengan administrasi terbaik,  UPT dengan monitoring dan penertiban terbaik,  UPT dengan pelayanan publik terbaik, dan UPT dengan best looking office.
     
     
    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA