FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 10-2019

    758

    Terima APJII, Moeldoko Dukung Sektor Ekonomi Berbasis Internet

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo -  Guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui realisasi industri 4.0, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menerima audiensi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di Bina Graha, Jakarta, Kamis (03/10/2019).

    Pada kesempatan tersebut Ketua Umum APJII Jamalul Izza menjelaskan penetrasi penggunaan Internet di Indonesia untuk mendukung percepatan ekonomi. Survei APJII pada 2018 menunjukkan, total pengguna internet Indonesia mencapai 171 juta atau sekitar 64,8 persen dari total populasi.

    Ia memaparkan beberapa program untuk mendukung sektor ekonomi di Indonesia berbasis penggunaan internet. Diantaranya, program desa Internet mandiri dengan target ribuan desa terkoneksi dengan internet. Program ini diluncurkan, lantaran masih ada daerah yang belum terjamah dengan jaringan internet.

    Pada tahun 2020, sebanyak dua puluh ribu desa disasar sudah terkoneksi dengan internet. Fokusnya di  daerah 3 T yang disinergikan dengan dana desa untuk penggunaan internet. “Bumdes bisa jadi penyelenggara internet lokal yang didukung oleh Kementerian Desa,” ucap Jamalul Izza.

    Sementara itu Henry Kasyfi Soemartono Sekretaris Jenderal APJII menyampaikan upaya mengurangi penyebaran berita bohong digital (hoax) dan pelaksanaan blocking konten negatif di dunia maya. “APJII juga turun langsung ke masyarakat mensosialisasi internet sehat dan penggalakan email nasional buatan anak bangsa untuk keamanan data di Indonesia.”

    Kepala Staf Kepresidenan menyambut baik gagasan yang dikemukakan APJII terutama penyelenggaraan internet di desa-desa dan pentingnya aplikasi nasional untuk keamanan data masyarakat Indonesia.

    Berita Terkait

    Akselerasi Sektor Ekonomi Digital, Indonesia Dapat Pujian Bank Dunia

    Indonesia menjadi sebuah model emerging country yang pertumbuhannya baik. Selengkapnya

    Pemerintah Dukung Penuh Akselerasi Ekosistem UMKM Digital

    Kementerian Perdagangan menerbitkan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang mengatur agar perdagangan digital agar berkeadilan dan produk impor t Selengkapnya

    Presiden Ajak KMHDI Dukung Momentum Transformasi Ekonomi Hijau

    Presiden menuturkan, saat ini semua negara termasuk Indonesia sedang melakukan transformasi menuju ekonomi hijau untuk mengurangi dampak dar Selengkapnya

    Wapres Dukung Otonomi Daerah Guna Optimalisasi Potensi Lokal

    Wapres juga meminta Pemerintah Kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA