FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 10-2019

    2385

    Pentingnya Isi Piringku Untuk Cegah Stunting Lewat Genbest

    Kategori Sorotan Media | meit001

    BANGKINANG - Masih banyak remaja yang tidak mengetahui bahwa konsep 4 Sehat 5 Sempurna sudah usang. Konsep lama itu tidak lagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang.

    Padahal, pemenuhan gizi yang seimbang adalah salah satu cara untuk mencegah stunting. Isi Piringku menjadi jawaban bagi masyarakat, juga para remaja untuk mengetahui porsi makan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan gizi.

    Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menekankan pentingnya para remaja untuk memahami Isi Piringku melalui forum sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) di Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (1/10/2019).

    Di forum sosialisasi Genbest, para generasi muda belajar mengenai Isi Piringku yang terdiri dari makanan pokok yakni sumber kabohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

    Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dwi Andriani yang menjadi pembicara dalam Genbest Kampar, para remaja putri perlu mamahami dan menerapkan pola makan dengan konsep Isi Piringku.

    "Melalui Genbest ini, kita sekarang menjadi tahu bagaimana pola makan yang baik, makanya harus kita terapkan," ujar Dwi.

    Tak hanya menerapkan Isi Piringku, diharapkan para remaja juga menerapkan gaya hidup sehat,seperti mencuci tangan pakai sabun, berolahraga, memantau berat badan, minum tablet tambah darah (TTD), dan minum air putih 8 gelas setiap hari.

    Dengan cara ini, maka remaja putri tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, tapi juga akan berdampak di masa yang akan datang, dimana mereka akan melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting.

    Kepala Bidang Sumber Daya Layanan Publik Dinas Komunikasi, Informasi, dan Persandian Kabupaten Kampar, Salmi Hadi menyambut baik kehadiran Genbest di daerahnya. Dia berharap forum sosialisasi ini dapat memperkaya pengetahuan generasi muda mengenai pola hidup bersih dan sehat.

    "Kami berharap dengan mengikuti forum Genbest, para remaja dapat memahami mengenai stunting dan cara mencegahnya, sehingga nantinya ilmunya bisa disampaikan kembali ke teman, sejawat, maupun keluarga sehingga angka stunting bisa kita kurangi," tutup Salmi.

    Sumber : sindonews.com

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Generasi Muda Didorong untuk Dukung Produk UMKM lewat Platform Digital

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI) bersama Komisi I DPR RI terus mendorong generasi muda unt Selengkapnya

    Peran Penting IoT untuk Industri dan Pemerintah Indonesia

    Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menilai peran Internet of Things (IoT) sangat penting untuk industri dan juga peme Selengkapnya

    Turunkan Stunting Lewat Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat

    Untuk menurunkan angka stunting di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA