FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 10-2019

    1596

    Menkominfo: Lewat Literasi Digital, Kita Perangi Hoaks

    Kategori Berita Kominfo | doni003
    Menteri Kominfo Rudiantara berkenan berdialog dengan para netizen muda pada kegiatan Siberkreasi, Netizen Fair 2019 di The Kasablanka, Jakarta (5/10/2019).

    Jakarta, Kominfo- Menanggapi masih banyaknya konten negatif di dunia maya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak peserta yang hadir pada Siberkreasi Netizen Fair 2019 untuk bersama menanggulangi berbagai konten negatif di internet berupa hoaks, cyber bullying, online radicalism dan lainnya melalui literasi digital.

    "Penyebaran konten negatif marak di dunia maya. Untuk itu diperlukan adanya gerakan literasi digital. Namun gerakan ini tidak cukup dilakukan oleh Pemerintah (Kementerian Kominfo. red), tetapi harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, terutama anak muda. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua, korporasi, kementerian dan lembaga, LSM bahkan artis semua bergerak bersama meningkatkan literasi untuk Indonesia lebih baik,” ungkap Rudiantara dalam Pembukaan Siberkreasi Netizen Fair 2019 di The Kasablanka Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

    Menteri Rudiantara menambahkan bahwa kita perlu lebih banyak menciptakan konten positif. “Melalui acara ini kita dorong netizen aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif. Misalnya dengan menjadi content creator yang profesional, fokus menjadi youtuber dengan menciptakan konten yang positif seperti Ria Ricis. Menjadi youtuber itu enak, paling tidak gajinya lebih besar dari gaji Menteri,” candanya.

    Pemerintah sendiri dikatakan Menkominfo selalu berupaya memfasilitasi para anak muda untuk berkembang. “Anak-anak muda harus difasilitasi. Apa fasilitasinya? Satu, pemerintah membangun infrastruktur Palapa Ring di 514 kabupaten/kota . Kedua, kita punya Program 1000 startup digital, yang diharapkan bisa melahirkan unicorn baru di Indonesia. Saya berharap akan anak muda Indonesia mampu mengkuti jejak Nadiem, William dan Ferry dalam bisnis startup,” ujar Rudiantara.

    Sebagai penutup Menteri Rudiantara berharap Gerakan Literasi Digital Siberkreasi dapat mendorong para netizen dapat menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab. Serta mampu membuat masyarakat untuk memilah dan memilih konten yang baik dan terus Bersama pemerintah memerangi hoaks yang beredar di dunia maya dan media sosial.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Anak Tak Divaksin Bebas Infeksi Telinga, Itu Hoaks!

    Ternyata klaim itu keliru dan berpotensi menyesatkan. Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA