FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 10-2019

    1049

    Menkominfo Apresiasi Kontribusi Startup Digital Lokal

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan apresiasi atas kontribusi stratup digital dalam meningkatkan ekosistem digital di Indonesia. Bahkan menurutnya, negara-negara lain juga mengapresiasi pertumbuhan yang amat pesat. 

    Menteri Rudiantara lantas mencontohkan platform digital dengan status Unicorn seperti Bukalapak, Go-Jek, Tokopedia dan Traveloka. "Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mereka. Bukalapak misalnya, bersama dengan Google yang terus meningkatkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia," kata Rudiantara saat menghadiri Peluncuran Google Bisnisku dan Mitra Bukalapak di Kantor Bukalapak, Jakarta, Selasa (08/10/2019).

    Menteri Kominfo memaparkan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini lebih dari 50 juta. Dari jumlah UMKM itu, setiap orang bekerja dengan usahanya sendiri. Artinya, kreatifitas yang dimiliki menunjang perkembangan UMKM itu sendiri.

    Lebih lanjut, Menteri Rudiantara menjelaskan, yang menarik dari UMKM adalah hadirnya e-Warung yang merupakan bagian dari ekosistem ekonomi digital. Dari 50 juta lebih UMKM, 6 juta diantaranya merupakan e-Warung. “2,5 juta sudah bekerjasama dengan Bukalapak. Jadi, masih ada 3 juta setengah lagi yang belum bekerjasama. Ini tantangan ke depannya," jelasnya. 

    Menteri Kominfo juga mencontohkan perhatian besar pihak asing yang melakukan penelitian mengenai ekonomi digital di Indonesia. Salah satu Unicorn yang menjadi obyek penelitiannya adalah Go-Jek.  “Jadi yang sudah meng-interview Go-Jek itu orang asing, jadi orang asing ini sudah melakukan indeks research tentang ekonomi digital di Indonesia. Ini sebenarnya menunjukan betapa besar perhatiannya global terhadap Indonesia,” tambahnya.

    Tidak hanya Go-Jek, Menteri Rudiantara memiliki harapan besar agar semua startup milik anak bangsa juga harus mengikat perhatian asing dalam melakukan penelitian khususnya e-Warung. Sebab, hal tersebut menurutnya semakin menumbuhkan ekonomi digital Indonesia di mata asing. 

    “Saya berharap penelitian tentang perkembangan e-Warung di Indonesia tidak hanya dilakukakn para peneliti dari dalam negeri, tetapi juga peneliti asing agar dunia melihat perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” harapnya **

    Berita Terkait

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA