FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 10-2019

    2832

    Menkominfo Rudiantara Ajak Mahasiswa Adaptif di Era Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengajak para generasi muda untuk selalu adaptif terhadap perkembangan teknologi. Sekaligus melihat tiga peluang yang akan dihadapi saat masuk di era digitalisasi.

    "Peluang pertama ialah workforce digitization atau terciptanya lapangan kerja yang baru. Lapangan pekerjaan baru saat ini sudah bermunculan akibat masuknya era digital 4.0, ini merupakan satu fenomena di era digital," kata Rudiantara saat orasi ilmiah bertema Mempersiapkan Generasi Muda yang Memiliki Kompetensi Unggul di hadapan 786 wisudawan/wati dari berbagai jurusan dan fakultas Universitas Esa Unggul di Jakarta.

    Lebih lanjut dikatakan, pekerjaan yang dulunya tidak ada kemudian muncul dan menggantikan pekerjaan yang sudah ada. "Kebanyakan pekerjaan yang tergantikan ialah pekerjaan yang sifatnya repetitif," kata rudiantara.
    Peluang kedua, yakni Economy Sharing. Menurut Menkomingfo, di era digital saat ini economy sharing telah bermunculan. Salah satunya terdapat pada berkembangnya e-commrce dan online shop.

    Perputaran economy sharing di dunia digital akan terus berkembang, terutama di tahun 2020 di mana tren ekonomi digital dapat menghasilkan USD130 miliar. "Dari data pemerintah, saat ini kemunculan economy sharing digital menjadi salah satu penopang ekonomi di Indonesia. Hal ini didukung oleh sejumlah startup di bidang e-commerce yang menumbuhkan wirausaha baru di masyarakat," ujarnya.

    Bicara peluang ketiga dari era industri 4.0 ini, dia menyebut, dimudahkannya financial inclusion, akses pada industri keuangan. Terutama bank yang saat ini semakin mudah diakses, apalagi di era digital. "Jika dahulu orang ingin melakukan transaksi atau persoalan keuangan harus datang ke bank, namun saat ini masyarakat dimudahkan untuk mengakses layanan keuangan. Contohnya munculnya layanan keuangan digital berbasis aplikasi dan daring," sebut Rudiantara.

    Senada dengan Menkominfo, Rektor Universitas Esa Unggul, Arief Kusuma berpesan kepada wisudawan untuk selalu meng-upgrade skill dan pengetahuan. Itu semua bekal agar mampu bersaing dan menjadi lulusan unggul.

    Sumber : Sindonews.com

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA