FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2019

    1285

    Resmikan Palapa Ring, Presiden: Komunikasi Digital Kunci Utama

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyapa perwakilan masyarakat Papua di sela-sela peresmian pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan pengoperasian Palapa Ring. Proyek Palapa Ring sendiri saat ini telah menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia dengan layanan telekomunikasi. Menurut Kepala Negara, keberadaan Palapa Ring akan memungkinkan komunikasi digital menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia.

    Presiden menyebutkan, Palapa Ring yang dibangun pemerintah sejak 2015 itu terbagi menjadi 3 wilayah, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur. Kesemuanya, kata Presiden telah beroperasi.

    “Untuk Indonesia bagian Barat Palapa Ring telah selesai tahun lalu (2018), kemudian Indonesia bagian Tengah awal tahun ini sudah selesai, kemudian yang terkahir Indonesia bagian Timur juga Agustus lalu telah selesai,” kata Kepala Negara di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). 

    Dengan beroperasinya Palapa Ring, Presiden mengatakan Indonesia telah berkembang cepat dari era analog ke era digital. Maka di era digital ini, lanjut dia, komunikasi digital menjadi kunci utama untuk menghubungkan masyarakat Indonesia antar pulau.

    “Dunia telah berubah dari analog ke era digital, dan teknologi di era digital sekarang ini telah menerobos batasan jarak, telah menerobos batasan waktu, komunikasi, pengiriman informasi bisa dilakukan sangat cepat tanpa kendala jarak dan waktu,” ucap Presiden Joko Widodo. 

    Lebih lanjut, Presiden juga menceritakan tantangan dan hambatan selama pemerintah melalui BAKTI Kementerian Kominfo membangun Palapa Ring, khususnya di Palapa Ring Timur yang merupakan daerah pegunungan. 

    “Memang kemarin yang paling berat dan mundur ada di Indonesia bagian Timur, terutama di Papua sangat beda sekali bisa diliat, dan tidak semua yang di Papua menggunakan fiber optic baik di laut maupun di darat,” ungkap Kepala Negara.  

    Meskipun harus melewati tantangan yang demikian dinamis itu, Presiden mengatakan pemerintah tetap berkomitmen untuk terus membangun dan menyelesaikan Proyek Palapa Ring sesuai targetnya. 

    “Ini sangat berbeda sekali jika kita bandingkan dengan negara-negara di sekitar kita, ini negara besar, negara yang sangat besar dan sangat luas. Kita harus bersyukur (Proyek Palapa Ring) telah selesai, ” imbuhnya. 

    Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Ketua DPR RI Puan Maharani dan beberapa pejabat negara lainnya. **

    Berita Terkait

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Pemerintah Jadikan IPDN Kampus Pencetak Birokrat Berwawasan Digital

    IPDN memainkan peran vital sebagai pencetak birokrat berwawasan digital yang menguasai teknologi. Selengkapnya

    Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden: Semua Harus Sekolah

    Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memberikan bantuan dalam bidang pendidikan. Selengkapnya

    Integrasikan Layanan Digital, Pemerintah Kebut Digital ID dan Government Cloud

    Kementerian Kominfo juga diminta untuk segera menyelesaikan kebijakan Government Cloud yang memperluas ekosistem Pusat Data Nasional. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA