FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 10-2019

    579

    Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA - Proyek pembangunan fiber optik kabel atau Palapa Ring telah selesai 100 persen. Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara pada hari ini atau Senin (14/10/2019).

    "Bismillah saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan seluruh 514 kota dan kabupaten di seluruh indonesia," kata Joko Widodo.

    "Gunakan internet bijak, konektivitas untuk kebaikan bersama untuk persaudaraan sebagai sebuah bangsa," ungkap Joko Widodo.

    Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara melaporkan bahwa Palapa Ring Barat telah selesai tahun lalu, kemudian Palapa Ring Tengah telah selesai awal 2019.

    Sementara itu, Palapa Ring Timur selesai pada akhir Agustus 2019.

    "Palapa Ring Timur rencananya harus selesai pada akhir kuartal kedua 2019, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan. Sehingga baru selesai pada akhir Agustus 2019. Di Papua kami membangun di 30 kabupaten yang tidak punya tulang punggung (backbone) jaringan berkecepatan tinggi. Palapa Ring itu seperti jalan tol untuk internet berkecepatan tinggi," ungkap Rudiantara.

    Rudiantara juga mengungkapkan bahwa infrastruktur ICT Indonesia tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

    Dalam peresmian pengoperasian Palapa Ring tersebut juga dilakukan video konferensi dangan pejabat Pemerintah Daerah dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara dan Sabang.

    Untuk diketahui, pembangunan Palapa Ring dan BTS merupakan wujud pemerintah untuk membangun daerah pinggiran dan menghilangkan kesenjangan digital. Proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet yang menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur.

    Proyek tersebut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui BP3TI yang kini dinamakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI). Dari proyek Palapa Ring diharapkan adanya internet yang cukup tinggi dengan 10 Mbps di wilayah pedesaan dan 20 Mbps di perkotaan.

    Sumber : Okezone.com

    Berita Terkait

    Kemenkominfo targetkan pemerataan transformasi digital pada 2022

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pemerataan transformasi digital ke daerah, khususnya adanya akses internet Selengkapnya

    Gandeng Ekosistem, Kominfo Gelar Literasi Digital di 12 Kota

    Pelindungan data pribadi telah menjadi isu penting selama pandemi Covid-19 ketika hampir semua aktivitas masyarakat berlangsung melalui jari Selengkapnya

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya

    Kemenkominfo Tawarkan Beasiswa Pelatihan Digital Bagi 15.200 Peserta

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka beasiswa bagi 15.200 peserta untuk mendapatkan pelatihan di Program Digital Ta Selengkapnya