FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2019

    1378

    Palapa Ring Buat Harga Infrastruktur Internet Jadi Murah

    Kategori Sorotan Media | meit001

    VIVA – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut bahwa kehadiran Palapa Ring bisa membuat perusahaan telekomunikasi lebih terjangkau untuk menggelar jaringan internet.

    "Untuk menyelenggarakan internet terbilang mahal karena biaya sewa satelit yang masih tinggi, khususnya untuk Jayapura, Papua," kata Direktur Utama BAKTI, Anang Achmad Latif di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

    Saat ini menurut Anang, jaringan 4G di Papua terasa tidak nyata karena terasa seperti 3G bahkan 2G. Pemerintah juga mengklaim akan memberikan subsidi kepada perusahaan operator yang akan menggunakan 'tol langit'.

    "Kalau tarif rata ke user, itu tergantung komponen transmisi dan komponen lainnya, seperti marketing, operasional. Harapannya tarif bisa tetap terjangkau buat masyarakat," ujarnya.

    Ia menambahkan, rampungnya proyek ini mengartikan pemerintah telah mendukung peran operator menciptakan akses komunikasi. Selama ini perusahaan memang mengeluh tentang biaya infrastruktur yang melewati lautan.

    Menurut Anang, biayanya tiga sampai empat kali lipat dari pembangunan di darat. Saat ini Palapa Ring sudah tersedia, tinggal bagaimana operator menuntaskan masalah ketersediaan sinyal ke masyarakat.

    "Operator saya harap bisa segera memanfaatkan dan menjual layanannya dengan harga yang terjangkau, dan menghadirkan internet dengan kecepatan yang sama, seperti di Jawa," katanya.

    Sumber : viva.co.id

    Berita Terkait

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    Kominfo Dukung Langkah KPU Tingkatkan Infrastruktur Teknologi Informasi

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pembenahan di pusat maupun daerah guna mendukung lancarnya Pemilihan Serentak 2020. Pembenahan tersebu Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    BAKTI Kominfo Pacu Infrastruktur TIK

    BADAN Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serius mempercepat pembangunan inf Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA