FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2019

    2139

    Siberkreasi Netizen Fair 2019 Dorong Netizen Produksi Konten Positif

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Jakarta: Kehadiran internet bak pisau bermata dua. Di satu sisi bermanfaat menyebarkan informasi, namun sisi lainnya ia dapat merusak dan memicu kekacauan akibat sebaran konten negatif.

    Untuk mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan internet dan menciptakan konten positif, diselenggarakan acara Siberkreasi Netizen Fair 2019, di The Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 5 Oktober.

    Acara yang digagas oleh Gerakan Nasional Literasi Digital (Siberkreasi) ini menginspirasi anak muda menuangkan kreativitas dan mendorong pemanfaatan teknologi dengan memproduksi konten positif yang berguna bagi banyak orang.

    "Literasi digital penting karena tingkat literasi masyarakat Indonesia tentang digital belum baik, karena digital ini cepat datangnya. Sementara, kita tidak mempersiapkan diri," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

    Rentannya penyebaran konten negatif melalui internet berupa hoaks (berita bohong), cyber bullying, dan online radicalism merupakan beberapa contoh sisi negatif internet. Kehadiran Siberkreasi Netizen Fair 2019 berupaya menanggulangi bahaya tersebut, sekaligus mendorong lebih banyak sebaran konten positif.

    "Bersama Siberkreasi kita mendorong warganet Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya, sehingga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital,” kata Rudiantara.
     
    Siberkreasi Netizen Fair 2019 fokus pada empat pilar yang menjadi pembahasan, yaitu Pilar E-commerce, Pilar Digital Lifestyle, Pilar Musik, dan Pilar Digital Parenting. Masing-masing pilar diimplementasikan dalam bentuk konferensi, workshop, dan konser musik.
     
    Sejumlah tokoh hadir mengisi acara Siberkreasi Netizen Fair 2019. Mereka adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Keduanya berbagi pandangan mengenai media sosial pada sesi Digiconference 1: Beat The Negativity with Positive Mind.
    Kemudian, sesi Digiconference 2: Spread Love, Have Fun! menghadirkan content creator Arif Muhammad, Bude Sumiyati, dan Yosi Mokalu. Terakhir, sesi Digiconference 3: Creator Generation diisi Menkominfo Rudiantara bersama host Cak Lontong dan Ria Ricis.

    Acara semakin meriah dengan kehadiran entertainer Indonesia di panggung Siberkreasi Netizen Fair 2019, yaitu Vidi Aldiano, Petra Sihombing, Sheryl Sheinafia, dan The Dance Company.

    Sumber : Medcom.id

    Berita Terkait

    JARKOM Volume 2 Dorong ASN Tingkatkan Kualitas Konten dan Informasi

    Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) kembali menggelar program JARKOM (Jadi Pi Selengkapnya

    Transformasi Digital Dorong Telemedis Jadi Solusi Layanan Kesehatan

    JAKARTA - Pemerintah mendorong pengembangan telemedis sebagai solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19, yang Selengkapnya

    Generasi Muda Didorong untuk Dukung Produk UMKM lewat Platform Digital

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI) bersama Komisi I DPR RI terus mendorong generasi muda unt Selengkapnya

    Siberkreasi Netizen Fair 2019 Bagikan Tips Menjadi Netizen Cerdas

    Pengguna internet dituntut cerdas dan bertanggung jawab. Ia harus pandai menyaring dan memilah informasi agar tak terjebak mengonsumsi konte Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA