FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2019

    465

    Pelantikan Kabinet Indonesia Maju Berlangsung Sederhana dan Singkat

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo bersiap mengambil sumpah jajaran menteri dalam rangkaian pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Usai memperkenalkan para anggota Kabinet Indonesia Maju di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin yang didampingi istrinya Wury Estu Handayani, menyerahkan petikan Keputusan Presiden tentang pengangkatan kepada masing-masing menteri, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) siang.

    Berbeda dengan saat perkenalan, dimana Presiden, Wakil Presiden dan para menteri dan pejabat setingkat menteri menggunakan busana batik lengan panjang. Saat penyerahan petikan Keputusan Presiden ini, Presiden, Wakil Presiden, para menteri dan pejabat setingkat menteri, serta seluruh undangan yang hadir menggunakan stelan jas warna biru tua.

    Setelah itu, Presiden didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memimpin acara pelantikan para menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pejabat setingkat menteri. Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 113/P/Tahun 2019 Tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

    Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keppres Nomor 114/P/Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Jaksa Agung, Keppres Nomor 115/P/2019 Tentang Pengangkatan Sekretaris Kabinet, Keppres Nomor 116/P/Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Staf Presiden, dan Keppres Nomor 117/P/Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

    Setelah itu, Presiden memimpin pengambilan sumpah para menteri dan pejabat setingkat menteri itu. “Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2019 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan kerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Presiden membimbing pembacaan sumpah.

    Acara pelantikan para menteri pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Maju yang berlangsung sederhana dan singkat itu diakhiri dengan mengumandangkan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selama oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Estu Handayani, serta para undangan lainnya.

    Tampak hadir dalam acara pelantikan itu Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Estu Handayani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyala Mattaliti, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

    Sumber 

    Berita Terkait

    Wujudkan Visi ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ dengan Pembinaan Karakter

    Sebagai upaya mewujudkan visi Pemerintah “SDM Unggul Indonesia Maju”, maka perlu didukung dengan membangun SDM yang kompeten, berkarakte Selengkapnya

    Presiden Sampaikan Kesiapan Indonesia Mainkan Peran di Bidang Energi

    Presiden Joko Widodo menjadi pembicara kunci (keynote speaker) pada Forum Abu Dhabi Suistainability Week (ADSW) 2020, di Abu Dhabi National Selengkapnya

    Indonesia - Jepang Jajaki Kerja Sama Pemberantasan Terorisme

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengatakan Indonesia akan menjajaki kerja sama pemberantasan terorism Selengkapnya

    IDFC Ingin Dukung Indonesia di Bidang Teknologi, Energi, Infrastruktur dan Kesehatan

    Chief Executive Officer (CEO) International Development Finance Corporation (IDFC) Adam S. Boehler menyampaikan kesiapan lembaga yang dipimp Selengkapnya