FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2019

    1887

    Perdana Beri Arahan, Menkominfo Tekankan Dua Hal Penting

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate menyebut fungsi Kementerian Kominfo berkaitan dengan komunikasi kebijakan negara dan komunikasi publik. Hal tersebut diungkapkannya dalam rangkaian acara serah terima jabatan, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/10/2019) siang. - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyebut Kementerian yang dipimpinnya memiliki dua fungsi vital. Pertama terkait komunikasi kebijakan negara, selanjutnya ihwal komunikasi publik.  Hal tersebut diungkapkannya dalam rangkaian acara serah terima jabatan menteri Kominfo, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/10/2019) siang.

    "Komunikasi kebijakan negara, kebijakan pemerintah ini sangat dibutuhkan agar rakyat, bangsa kita mengetahui ke mana arah gerak pemerintah,” kata Johnny. 

    Menurutnya, arah kebijakan pemerintah harus diketahui masyarakat sehingga mereka bisa mengambil perannya dalam kebijakan tersebut. Menteri Johnny juga tidak menginginkan masyarakat hanya sebagai penonton tanpa mengetahui arah pembangunan yang dilakukan pemerintah.

    Menteri Johnny menjelaskan, peran kedua Kementerian Kominfo dalam melaksanakan komunikasi publik, erat kaitannya dengan peran pertama. Kata Johnny, masyarakat juga harus mengetahui capaian-capaian yang sudah dilakukan oleh pemerintah. 

    “Yang kedua adalah kita lakukan juga dalam kaitannya dengan komunikasi kepada rakyat atau komunikasi publik, rakyat harus mengetahui apa capaian-capaian negara, jangan sampai rakyat tidak tau capaian negara dan tidak bisa menggunakan atau memantapkannya,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Menteri Johnny menekankan bahwa Kementerian Kominfo akan tetap fokus membangun infrastuktur telekomunikasi.

    “Tadi sudah disampaikan oleh Pak Rudi, kita mempunyai infrastruktur informatika platform, baik yang fixed platform, fixed broadband melalui serat optik yang begitu besar dibangun maupun mobile broadband yang sudah disediakan,” imbuhnya.

    Menteri Kominfo menekankan agar komunikasi dilakukan untuk membantu rakyat mengetahui apa yang dilakukan pemerintah dan bisa memanfaatkan hasil pembangunan. “Rakyat perlu tau ada di mana dan bagaimana itu hingga mereka bisa menggunakannya,” tuturnya **

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA