FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2019

    615

    Perdana Beri Arahan, Menkominfo Tekankan Dua Hal Penting

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate menyebut fungsi Kementerian Kominfo berkaitan dengan komunikasi kebijakan negara dan komunikasi publik. Hal tersebut diungkapkannya dalam rangkaian acara serah terima jabatan, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/10/2019) siang. - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyebut Kementerian yang dipimpinnya memiliki dua fungsi vital. Pertama terkait komunikasi kebijakan negara, selanjutnya ihwal komunikasi publik.  Hal tersebut diungkapkannya dalam rangkaian acara serah terima jabatan menteri Kominfo, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/10/2019) siang.

    "Komunikasi kebijakan negara, kebijakan pemerintah ini sangat dibutuhkan agar rakyat, bangsa kita mengetahui ke mana arah gerak pemerintah,” kata Johnny. 

    Menurutnya, arah kebijakan pemerintah harus diketahui masyarakat sehingga mereka bisa mengambil perannya dalam kebijakan tersebut. Menteri Johnny juga tidak menginginkan masyarakat hanya sebagai penonton tanpa mengetahui arah pembangunan yang dilakukan pemerintah.

    Menteri Johnny menjelaskan, peran kedua Kementerian Kominfo dalam melaksanakan komunikasi publik, erat kaitannya dengan peran pertama. Kata Johnny, masyarakat juga harus mengetahui capaian-capaian yang sudah dilakukan oleh pemerintah. 

    “Yang kedua adalah kita lakukan juga dalam kaitannya dengan komunikasi kepada rakyat atau komunikasi publik, rakyat harus mengetahui apa capaian-capaian negara, jangan sampai rakyat tidak tau capaian negara dan tidak bisa menggunakan atau memantapkannya,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Menteri Johnny menekankan bahwa Kementerian Kominfo akan tetap fokus membangun infrastuktur telekomunikasi.

    “Tadi sudah disampaikan oleh Pak Rudi, kita mempunyai infrastruktur informatika platform, baik yang fixed platform, fixed broadband melalui serat optik yang begitu besar dibangun maupun mobile broadband yang sudah disediakan,” imbuhnya.

    Menteri Kominfo menekankan agar komunikasi dilakukan untuk membantu rakyat mengetahui apa yang dilakukan pemerintah dan bisa memanfaatkan hasil pembangunan. “Rakyat perlu tau ada di mana dan bagaimana itu hingga mereka bisa menggunakannya,” tuturnya **

    Berita Terkait

    Hari Bhayangkara ke-74, Menkominfo: Tingkatkan Terus Profesionalisme Polri

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun bersama jajaran Kabinet Indone Selengkapnya

    Jamin Kesinambungan Karir dan Kesejahteraan, Sekjen Kominfo Lantik 79 Pejabat Fungsional

    Penyetaraan jabatan administratur dan pengawas menjadi jabatan fungsional merupakan salah satu upaya mewujudkan birokrasi yang dinamis dan p Selengkapnya

    Hadiri Peresmian Akses Internet di Flores Timur, Menkominfo: Gunakan Infrastruktur TIK dengan Baik

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, interaksi di ruang digital mempunyai syarat utama yakni tersedianya infrastruk Selengkapnya

    Raker Komisi I DPR, Menkominfo Paparkan Tata Kelola Data Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Kementerian Kominfo menjamin keamanan data penanganan Covid-19 dari sisi data Selengkapnya