FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 08-2012

    2480

    Pemenang Siaran Digital Bisa Uji Coba

    Kategori Sorotan Media | admin

    VIVAnews - Pemenang siaran TV Digital dalam zona awal siaran multiplexing, bisa langsung mengudara dengan siaran digital. Sehingga, mereka tak perlu menunggu peralihan TV analog ke TV Digital pada 2018 mendatang.

    Pemenang siaran di 5 zona, langsung diuji komitmennya pada siaran digital. Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan pada tahun pertama pasca menang seleksi, pemenang mulai uji coba siaran digital dan dua tahun kemudian akan dilihat komitmennya dalam siaran digital ini.

    "Kami targetkan uji coba tahun ini. Kesanggupan penyelenggara bermacam-macam, ada yang sanggup Oktober, ada yang November maupun Desember. Kami sudah siapkan, intinya bagaimana suplai informasi ke publik itu tetap berjalan," ucap Tifatul.

    Pemenang seleksi, kata dia, juga telah berkomitmen memberikan set tof box kepada masyarakat sesuai dengan komitmennya masing-masing. "Kalau pemerintah akan berikan satu juta Set top box," kata Tifatul.

    Meski pemenang telah diumumkan, lima stasiun televisi memberikan hak sanggah atas hasil seleksi penyelenggara siaran TV digital. Stasiun TV tersebut yaitu BSTV, RCTI, B Channel, Semenanjung TV, JTV dan Carlita TV.

    "Akan kami lihat sejauh mana relevansi, substansi materi sanggahan yang diajukan. Masa sanggah bisa potensi mengubah komposisi pemenang dengan catatan pendapat yang kuat," kata Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo, Gatot S. Dewa Broto.

    Ia mengatakan belum mengetahui detail materi sanggahan enam stasiun televisi, karena belum membaca laporan mereka. Sanggahan tersebut, kata Gatot, tidak akan mengganggu jadwal seleksi zona selanjutnya.

    "Tidak menganggu, nanti awal tahun 2013, seleksi berapa area di Sumatera, sekitar  4-5 zona, terus 6 sampai 8 bulan kemudian zona Kalimantan dan NTT," kata Gatot.

    Proses seleksi 10 sisa zona multipleksing tersebut dijadwalkan selesai pada 2014, atau paling akhir 2015. Pemenang siaran TV digital tetap akan siaran berdampingan dengan siaran analog sampai 2017.

    "Yang menang langsung menyiapkan siaran TV digital, juga infrasutrktur. Mereka sudah menyesuaikan," tuturnya.

    sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/341362-pemenang-siaran-digital-bisa-uji-coba-siaran

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA