FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 08-2012

    1703

    Indonesia Operasikan 4G LTE di 2,3 GHz Mulai 2013

    Kategori Sorotan Media | admin

    Jakarta - Layanan seluler generasi keempat (4G) dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) akan beroperasi di Indonesia mulai tahun 2013 memakai frekuensi 2,3 GHz yang juga ditempati oleh layanan Wimax.

    Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa teknologi LTE untuk seluler 4G bisa hadir lebih cepat tanpa perlu menunggu migrasi TV analog ke TV digital tuntas di 2018.

    "Siapa bilang LTE baru bisa di 2018? Tahun depan juga sudah bisa. Kita akan mulai LTE di 2013, tunggu saja!" kata Tifatul saat ditemui di rumah dinasnya, di Jakarta.

    Seperti diketahui, frekuensi 700 MHz yang saat ini ditempati oleh penyelenggara TV free to air masih dalam tahap migrasi ke layanan TV digital. Frekuensi itu yang digadang-gadang cocok untuk standar LTE seperti yang digunakan di Amerika Serikat.

    Meskipun bakal menyediakan spektrum selebar 140 MHz, namun rentang waktu 6 tahun ke 2018 bisa dibilang terlalu lama. Itu sebabnya, Kementerian Kominfo mencari alternatif lain. Bakal beroperasi di frekuensi mana?

    "Nanti saat LTE digelar, penyelenggara Wimax juga pasti ingin ikutan," kata Tifatul tanpa mau menyebutkan apakah frekuensi ini akan ditender dengan penawaran tertinggi atau melalui seleksi beauty contest.

    Wimax sendiri beroperasi di pita 2,3 GHz dan telah menghabiskan sumber daya 30 MHz untuk 15 zona wilayah. Di rentang spektrum 2,3 GHz itu sendiri sejatinya masih tersisa 60 MHz, dan itu memang bisa digunakan untuk LTE.

    "Ya, LTE nanti akan berjalan di sekitar frekuensi itu," sebut Tifatul saat dikonfirmasi LTE akan menggunakan sisa frekuensi di 2,3 GHz.

    sumber: http://inet.detik.com/read/2012/08/03/165051/1982742/328/indonesia-operasikan-4g-lte-di-23-ghz-mulai-2013

    Berita Terkait

    Indonesia maju, optimisme di tengah suasana pandemi COVID-19

    Jakarta (ANTARA) - Meski tengah menjalani suasana berbeda akibat Pandemi COVID-19, peringatan HUT ke-75 RI tetap akan meriah melalui apa itu Selengkapnya

    5 Proposisi Indonesia soal Keamanan Data di Pertemuan G20

    Pemerintah Indonesia menyerukan kedaulatan dan keamanan data dalam pertemuan puncak dari rangkaian pertemuan G20 Digital Economy Ministerial Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Operator Seluler Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T

    Demi meningkatkan pelayanan komunikasi dan pengunaan internet di kawasan desa tertinggal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) m Selengkapnya

    Menkominfo: Indonesia lulus ujian dari gempuran informasi 2019

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bangsa Indonesia bisa dikatakan lulus ujian dari gempuran informas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA