FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 10-2019

    1846

    Menkominfo Ingatkan Pentingnya Keamanan Siber

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Jhonny G. Plate (kedua dari kanan) bersama Sekjen Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti (kanan) dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo (kiri) dan Irjen Kementerian Kominfo Doddy Setiadji (kedua dari kiri) - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyoroti ihwal pentingnya infrastruktur dan ekonomi digital. Menurut Johny, dua sektor tersebut erat kaitannya dengan keamanan siber atau cyber security dan sisi penegakan hukum.

    Hal tersebut diungkapkannya dalam Konferensi Pers “Kemkominfo di Kabinet Indonesia Maju” di Ruang Serbaguna, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (28/10/2019).

    “Kami dari kementerian ini akan mengambil bagian dan bersama lembaga negara lainnya untuk memastikan cyber security dan cyber crime itu bisa diatasi,” ujar Johnny.

    Menteri Kominfo  menegaskan bahwa ketika cyber security kuat, hal ini akan berdampak positif terhadap infrastruktur maupun ekonomi digital. 

    "Kita berharap platform digital yang kita miliki bisa digunakan untuk kepentingan bersama, kepentingan negara dan untuk kemajuan dalam persaingan globalisasi," bebernya.  

    Kemudian, dari sisi hukum, Menteri Johnny juga menjelaskan tentang perlunya pengambilan tindakan bagi pelanggar hukum. Menurutnya, apabila sudah dilakukan literasi penjelasan dan edukasi masih belum mempan, maka ada penegakan hukum sesuai dengan UU ITE, UU No.19 Tahun 2016. 

    “Saya tadi disampaikan bahwa ada banyak juga pemblokiran akun-akun, itu sebetulnya bisa ditindaklanjuti melalui proses hukum. Tapi untuk sementara ini masih ada kebijakan yang hanya sampai ditingkat pemblokiran akun, apabila masih terus berlanjut maka tentu tindakan penegakan hukumnya yang perlu dilakukan,” tegasnya.

    Kendati demikian, Johnny mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan platform digital dengan baik. 

    “Dengan sangat hormat dari Kementerian ini tugas kami sekalian mengajak warga, masyarakat atapun bangsa kita untuk menggunakan platform digital ini dengan penuh kecerdasan dan demi kebaikan bangsa dan negara,” pungkas Johnny.**

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA