FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2012

    1477

    LTE VS WIMAX: LTE akan diparkir di 2,3 GHz mulai 2013, WiMax terancam?

    Kategori Sorotan Media | admin

    JAKARTA: Akhirnya, layanan seluler bertenologi Long Term Evolution (LTE) atau setara 4G segera hadir di Indonesia mulai tahun depan di frekuensi 2,3 GHz, berbagi dengan teknologi 4G lainnya, WiMax.

    Haltersebut diungkapan Menkominfo Tifatul Sembiring bahwa LTE untuk seluler 4G bisa hadir lebih cepat tanpa perlu menunggu migrasi TV analog ke TV digital tuntas di 2018.

    "Siapa bilang LTE baru bisa di 2018? Tahun depan juga sudah bisa. Kita akan mulai LTE di 2013, tunggu saja, tak perlu tunggu 2018!" kata Tifatul hari ini

    Sebelumnya, LTE direncanakan dialokasikan di frekuensi 700 MHz, yang saat ini masih ditempati televisi free to air, seperti yang terjadi di negara lain yaitu AS dan sejumlah negara Eropa

    Meskipun bakal menyediakan spektrum selebar 140 MHz, namun rentang waktu 6 tahun ke 2018 bisa dibilang terlalu lama. Itu sebabnya, Kementerian Kominfo mencari alternatif lain, yaitu menempatkannya di frekueni 2,3 GHz.

    "Nanti saat LTE digelar, penyelenggara Wimax juga pasti ingin ikutan," kata Tifatul tanpa mau menyebutkan apakah frekuensi ini akan ditender dengan penawaran tertinggi atau melalui seleksi beauty contest.

    Wimax sendiri beroperasi di pita 2,3 GHz dan telah menghabiskan sumber daya 30 MHz untuk 15 zona wilayah. Di rentang spektrum 2,3 GHz itu sendiri sejatinya masih tersisa 60 MHz, dan itu memang bisa digunakan untuk LTE.

    Meski akan menerapkan LTE, pemerintah sendiri sebenarnya belum selesai membereskan frekuensi 3G yang tendernya terus molor.(api)

    sumber: http://www.bisnis.com/articles/lte-vs-wimax-lte-akan-diparkir-di-2-3-ghz-mulai-2013-wimax-terancam

    Berita Terkait

    Kominfo pastikan tender frekuensi 2,3 GHz dan 2,1 GHz terlaksana

    JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan tender tambahan frekuensi 2,3 GHz dan 2,1 GHz tetap terla Selengkapnya

    Indonesia Operasikan 4G LTE di 2,3 GHz Mulai 2013

    Jakarta - Layanan seluler generasi keempat (4G) dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) akan beroperasi di Indonesia mulai tahun 2013 mem Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA