FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 11-2019

    1745

    Kominfo Gandeng Komunitas Masyarakat untuk Deradikalisasi

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Niken Widiastuti mengatakan Kominfo telah bekerjasama dengan berbagai komunitas dalam upaya melakukan deradikalisasi.

    "Kita bekerja sama dengan banyak sekali komunitas dalam siberkreasi, kemudian komunitas-komunitas generasi muda yang kita ajak untuk bersama-sama melakukan deradikalisasi kepada masyarakat," ujar Niken ditemui usai acara "Merajut Kebangsaan Melalui Keterbukaan Informasi" di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

    Selain itu, Kementerian Kominfo juga menyelenggarakan pertunjukan-pertunjukan rakyat, seperti wayang, ketoprak, maupun pertunjukan rakyat di berbagai daerah di Indonesia yang disesuaikan dengan pendekatan lokal.

    "Karena pesan-pesan tentang deradikalisasi itu akan mudah diserap oleh masyarakat apabila melalui tontonan maupun tuntunan," kata Niken.
    Niken juga berharap agar masyarakat terus waspada, terlebih radikalisasi saat ini banyak disebarkan melalui media sosial.

    Niken juga berharap agar masyarakat terus waspada, terlebih radikalisasi saat ini banyak disebarkan melalui media sosial.

    "Oleh karena itu kita harus waspada apabila ada konten-konten di media sosial yang isinya ajakan-ajakan untuk provokasi menghasut, kemudian membenci suku tertentu, agama tertentu," kata dia.

    Menurut Niken, tanda-tanda tersebut merupakan awal mula dari radikalisasi, di mana tumbuh sikap intoleran, tidak mau menghargai orang lain dan tidak mau saling menghormati.

    "Untuk itu, kita harus menyadari bahwa Indonesia ini adalah Bhinneka Tunggal Ika, banyak suku, banyak agama, banyak ras, banyak golongan yang hidup bersama, karena itulah Indonesia, kita perlu bergandeng tangan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa," ujar Niken.

    Sumber: Ayobandung.com

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA