FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 11-2019

    1294

    Kominfo Bidik Wirausaha Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mencatat sektor kewirausahaan digital kian diminati di tanah air dengan makin bertumbuhnya startup karya anak negeri.

    Suburnya industri digital itu telah menjadi potensi ekonomi yang tak bisa diabaikan. Kementerian Kominfo menyatakan pihaknya tengah mendorong tumbuhnya kewirausahaan digital ini.

    Salah satunya dengan menggarap program untuk peningkatan sumber daya manusia berupa pendidikan keterampilan digital bertajuk ‘Digital Talent Scholarship’.

    Program ini berbentuk beasiswa pelatihan intensif untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital.

    “Tahun 2019 ini, Kominfo memberi kesempatan pada 25.000 orang peserta Digital Talent Scholarship. Pada tahun depan, jumlahnya akan ditingkatkan dua kali lipat menjadi 50.000 orang,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Rosarita Niken Widiastuti, Jumat (1/11/2019).

    Rosarita menuturkan setelah mendapat pelatihan dalam program itu, diharapkan peserta akan memiliki keterampilan untuk menjadi teknisi yang dibutuhkan perusahaan teknologi.

    “Program ini tidak berintensi untuk menciptakan engineer, melainkan teknisi yang siap bekerja langsung ke dunia digital,” ujarnya.

    Rosarita menyatakan Indonesia saat ini dicatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara dan juga dunia.

    “Maka penting untuk terus memelihara dan meningkatkan ekosistem dan iklim yang kondusif bagi para pelaku bisnis digital. Kominfo mengambil peran bukan lagi sebagai regulator, namun juga terjun langsung menjadi fasilitator dan akselerator,” ujarnya

    Beberapa perubahan peran Kemkominfo yang menunjukkan penyesuaian dengan ekonomi digital dengan cara fasilitasi dan akselerasi adalah dengan melakukan relaksasi dan simplifikasi regulasi.

    Dalam hal ini contohnya adalah tidak adanya lagi perizinan yang dipersyaratkan bagi startup, hanya cukup melakukan pendaftaran. Pada saat yang sama, pembangunan infrastruktur juga terus digenjot. Contohnya penyelesaian jaringan tulang punggung internet serat optik kecepatan tinggi yang menjangkau seluruh pelosok Indonesia, yaitu jaringan Palapa Ring, berikut prasarana last mile-nya, serta juga telah menyiapkan High Throughput Satellite.

    Yang berkaitan langsung dengan kewirausahaan digital, Kominfo juga telah menggelar Gerakan 1000 Digital Startup dan mengakselerasi lahirnya unicorn baru melalui program Next Indonesia Unicorn. Selain itu juga menjadi akselerator usaha di sektor lain, melalui gerakan UMKM Go Online.

    Sumber: Kumparan.com

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA