FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 11-2019

    1082

    Dukung Keselamatan Pelayaran Wisata di Labuan Bajo, Kominfo Gelar Sosialisasi MOTS

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Labuan Bajo, Kominfo - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya meningkatkan kesadaran pelaku pelayaran untuk menggunakan perangkat telekomunikasi radio sesuai ketentuan. Melalui pilot project Maritime on the Spot (MOTS) 2019, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas I Kupang memilih Labuan Bajo sebagai tempat pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Bidang Frekuensi Radio untuk Keselamatan Pelayaran.

    “Penggunaan perangkat telekomunikasi radio sesuai dengan ketentuan yang berlaku mendukung keselamatan pelayaran. Jaminan keselamatan pelayaran ini dapat meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Labuan Bajo,” jelas Kepala Balmon Kupang Moh Syarif Helmi saat membuka rangkaian kegiatan MOTS di pantai pelabuhan Labuan Bajo, Jumat (8/11/2019).

    Tema yang diangkat dalam sosialisasi ini adalah “Tertib Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Perangkat Telekomunikasi dalam Rangka Keselamatan Pelayaran”. "Pemilihan lokasi  dilandasi lokasi yang sangat ramai dengan kapal nelayan ataupun kapal wisata menuju destinasi Taman Nasional Komodo," jelas Helmi.

    Sosialisasi dilaksanakan dalam bentuk paparan materi, diskusi dan tanya jawab seputar penggunaan spektrum frekuensi radio untuk keselamatan pelayaran dan mekanisme pengurusan ISR. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan langsung kapal-kapal nelayan dan kapal wisata.

    Dalam kegiatan itu juga dibagi life jacket kepada peserta sosialisasi sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan pelayaran. Selain itu, berlangsung pembagian dan penempelan sticker imbauan akan pentingnya penggunaan spektrum frekuensi radio yang berizin dan sesuai dengan peruntukkannya.

    “Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini, Balmon Kupang membuka Loket MOTS di Labuan Bajo guna mendekatkan pelayanan perizinan frekuensi radio kepada nelayan dan pelaku pariwisata di Labuan Bajo,” demikian Kepala Balmon Kupang.

    Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong serta Sekda Kabupaten Manggarai Barat, narasumber dari Direktorat Pengendalian SDPPI Gunadi, Direktorat Operasi SDPPI Ade Munandar, dan Fungsional Pengendali Frekuensi Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Kupang Junus F Ngahu.

    Selain itu, kegiatan juga melibatkan perwakilan dari Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Labuan Bajo, serta 150 peserta yang terdiri dari anggota Asosiasi Kapal Nelayan dan Kapal Wisata dan Para Pemilik Kapal Nelayan dan Kapal Wisata yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

    Berita Terkait

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA