FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 11-2019

    657

    Promosikan Sektor Digital Indonesia, Dirjen IKP: SDM Jadi Faktor Kunci

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Seoul, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mempromosikan capaian pembangunan sektor digital Indonesia. Dirjen IKP menyebut, sumberdaya manusia menjadi faktor kunci pendorong pembangunan sektor digital.

    Menurut Dirjen Widodo Muktiyo,  karakteristik umum dan digital masyarakat Indonesia yang menyimpan potensi yang besar. “Kementerian Kominfo melihat hal ini sebagai peluang dan menambah perannya dari sekadar regulator menjadi fasilitator sekaligus akselerator pembangunan sektor TIK,” ungkapnya dalam 2019 Global ICT Leadership Forum di Seoul, Korea Selatan, Senin (11/10/2019).

    Lebih lanjut, Dirjen IKP menyatakan kebijakan informasi dan komunikasi digital di Indonesia diarahkan pemerintah untuk lima sasaran. “Pertama mendukung transparansi dan demokratisasi, penyederhanaan dan digitalisasi perizinan, pengembangan UMKM Online, Gerakan Nasional 1.000 Start-up Digital; dan Beasiswa Digital Talent,” paparnya mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam forum yang diikuti perwakilan dari negara  Costa Rica, Dominica,  Kyrgyzstan, Laos, Paraguay, Rwanda, Senegal, dan Korea Selatan.

    Mengenai faktor pendorong pembangunan sektor digital Indonesia, Dirjen Widodo Muktiyo menyebut sumberdaya manusia menjadi kunci, selain pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekosistem digital.

    “Keterbukaan informasi, komunikasi digital, pembangunan infrastruktur, serta pembangunan ekosistem dan SDM digital menjadi faktor-faktor pendorong terciptanya data-driven society dan data-driven economy Indonesia,” papar Widodo.

    Forum bertema “Going Beyond Digital Transformation to Digital Leadership” itu menjadi ajang diskusi sekaligus berbagi pengalaman, tantangan, dan capaian isu-isu pembangunan sektor digital, ekonomi data, komunikasi siber, dan teknologi 5G.

    Acara yang digelar Kementerian Sains dan Teknologi Informasi (MSIT) dan Badan Masyarakat Informasi Nasional (NIA) Korea Selatan berlangsung dari tanggal 11 s.d.  12 November 2019. Dirjen IKP sebagai Ketua Delegasi RI didampingi oleh Kasi Penyusunan Program dan Pemantauan Hukum dan HAM Ditjen IKP, Filmon Leonard Warouw dan Fungsional Umum Ditjen SDPPI,  Kamal Dwi Jatmoko.

    Berita Terkait

    Akronim Inisial Wali Songo jadi Asal Nama Indonesia, Itu Hoaks!

    Sebuah tulisan panjang yang berisi klaim nama Indonesia berasal dari akronim inisial para Wali Songo. Informasi itu beredar di media sosial Selengkapnya

    Pemerataan Telekomunikasi, Kunci Akselerasi Transformasi Digital Indonesia

    Pemerataan jaringan telekomunikasi menjadi kunci penting digitalisasi nasional. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan P Selengkapnya

    Pelonggaran PSBB, Dirjen IKP: Masyarakat Perlu Adaptasi!

    Pemerintah telah menerapkan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menjalankan kenormalan baru (new normal) di beberapa wil Selengkapnya

    Hoaks, Presiden Keluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat (Karcis)!

    Sejumlah kebijakan telah dilakukan Pemerintah untuk menanggulangi Pandemi Covid-19. Salah satunya kebijakan untuk mendorong ekonomi Indonesi Selengkapnya