FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2019

    785

    Pajak Platform Digital Bisa Bangun Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Asah Digital Facebook Indonesia di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Rabu (20/11/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan platform digital yang beroperasi di Indonesia harus menjalankan hak dan kewajiban dengan baik. Salah satunya dengan membayar pajak digital. 

    Platform digital seperti Facebook, WhatsApp dan Netflix yang beroperasi di Indonesia, punya andil bagi pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Oleh karena itu, Menteri Johnny minta setiap platform untuk memenuhi kewajiban membayar pajak. 

    "Kita harapkan, mari kita diskusikan sama-sama sehingga antar kewajiban dan hak-hak mereka atau bisnis mereka yang berkembang itu bisa berjalan secara baik," kata Menteri Kominfo Johnny di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

    Lebih lanjut, Menteri Johnny menegaskan pemerintah ingin industri digital berkembang di Indonesia. Menurutnya, manfaat industri digital tidak hanya dirasakan masyarakat, tetapi juga untuk penghasilan negara yang dapat digunakan untuk membangun infrastruktur digital dengan lebih baik lagi ke depan. 

    "Kita ingin supaya industrinya bertumbuh dengan besar, masyarakat mendapat manfaatnya yang banyak, tapi negara juga bisa mempunyai penghasilan yang menjadi hak negara dengan tepat, sehingga bisa membangun infrastruktur lainnya yang menjadi tugas negara," imbuhnya.

    Disamping itu, Menteri Kominfo berharap dengan ketersediaan infrastruktur digital dan regulasi yang memadai akan dapat mendorong  alokasi frekuensi yang efisien dan ekonomis. Secara otomatis, hal itu akan dapat memacu industri di bidang platform aplikasi market place bertumbuh dengan baik pula.

    "Kalau pajak tidak dibayar, tidak ada penerimaan negara, bagaimana mau ekspansi membangun infrastruktur digital. Kan kita perlu itu," tegas Menteri Johnny.

    Menteri Kominfo menilai kesadaran hak dan kewajiban dari platform digital sudah mulai terbentuk, termasuk pengendalian konten-konten positif kepada masyarakat. 

    "Saya lihat Facebook dan WhatsApp juga sudah melihat kondisi di Indonesia terkait dengan konten, misalnya untuk pengendalian konten itu digunakan dengan baik," tuturnya. **

    Berita Terkait

    Jalani Kenormalan Baru, Kominfo Terus Pantau Kualitas Jaringan Telekomunikasi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh atas jaringan telekomunikasi untuk kebutuhan masyarakat dalam menjalani tat Selengkapnya

    Percepat Tranformasi Digital Agar Pelaku UMKM Jadi Pemain Tangguh Era Ekonomi Digital

    Pemerintah terus berupaya mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa naik kelas. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Pemerintah Terus Kembangkan Fitur Aplikasi PeduliLindungi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, penggunaan dan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi terus dilakukan pengembang Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Komunitas Telekomunikasi Sempurnakan Infrastruktur Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama-sama melengkapi dan menyempurnakan Selengkapnya