FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 11-2019

    187

    Kominfo Siapkan Pengendali Frekuensi Radio Terampil

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Bogor, Kominfo -  Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan sejumlah pejabat fungsional untuk menjadi pengendali frekuensi radio yang terampil.

    Pelatihan Pembentukan Pengendali Frekuensi Radio ini diikuti 23 CPNS Ditjen SDPPI, sejak 16 November hingga 18 Desember 2019, di Wisma Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Cidokom Cisarua, Bogor.

    “Di sinilah kita akan mencetak generasi penerus monitoring pengendali frekuensi radio, insan monitoring terampil hingga ahli,” kata Untung Widodo, pejabat fungsional pengendali madya yang menjadi salah satu pengajar.

    Pelatihan, yang bekerja sama dengan Pusat Pelatihan dan Pendidikan (Pusdiklat) Kemkominfo itu, meliputi pembelajaran, ujian, hingga praktik. Ada lima tahap bahasan, yakni Observasi Spektrum Frekuensi, Identifikasi Sinyal, Pengukuran Frekuensi Radio, Deteksi Sumber Pancaran, Analisa dan Evaluasi Hasil Monitoring. Setiap tahap mempunyai tingkatan dari level 1 hingga 5.

    Ratna Endang Sari, peserta dari Balai Monitoring Kelas II Lampung, berharap kegiatan ini dapat diadakan secara bertahap. “Harapannya mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilakukan secara bertahap, mungkin di tahun yang akan datang bisa diadakan lanjutan dari tahap sekarang dimana tahap ini kami diajarkan pada level 1 sampai 4,” katanya.

    Ia juga berharap nanti ketika kembali ke UPT masing-masing, mereka dapat mengembangkan ilmu sesuai dengan pekerjaan dalam langkah pengukuran spektrum frekuensi radio.

    Berita Terkait

    Menkominfo Imbau Mitra Kerja Tempatkan Data Center di Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau para mitra kerja Kementerian Kominfo, baik Facebook, Google dan penyedia platfo Selengkapnya

    Kominfo Targetkan Peningkatan Komunikasi Publik Hingga ke Desa

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap dinas kominfo di tingkat pemerintah kabupaten dan kota dapat meningkatkan fungsi komunikasi Selengkapnya

    Kominfo Siapkan SDM ASN Pengelola Komputasi Awan

    Dalam era revolusi industri 4.0, penyelenggaraan konsep e-government semakin gencar diterapkan dalam sistem pemerintahan. Untuk itu, diperlu Selengkapnya

    Penyederhanaan ISR akan Dibarengi Penguatan Sanksi Administratif

    Presiden menjanjikan akan membuat omnibus law atau penyederhanaan regulasi yang mencakup sejumlah undang- undang. Omnibus law juga akan dite Selengkapnya