FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 11-2019

    922

    Kominfo Siapkan SDM ASN Pengelola Komputasi Awan

    Kategori Berita Kementerian | anni005
    Sebanyak 70 (tujuh puluh) orang peserta dari instansi Kementerian, Lembaga Pemerintahan Pusat, Kantor Dinas dan Lembaga Pemerintahan Daerah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing bagi ASN yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo selama 4 hari (26 s.d 29 November 2019) di Serpong.

    Serpong, Kominfo - Dalam era revolusi industri 4.0, penyelenggaraan konsep e-government semakin gencar diterapkan dalam sistem pemerintahan. Untuk itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa beradaptasi dengan cepat agar pengelolaan konsep e-government berjalan baik.

    “Instansi tempat kita bekerja mungkin menyimpan banyak data-data atau informasi yang sifatnya sensitif sehingga pengelola Cloud kami harapkan berasal dari kalangan ASN sendiri bukan pihak ketiga, sehingga resiko kebocoran informasi dapat diminimalisir,” ujar Kepala Pusat Pengembangan dan Sertifikasi, Hedi M. Idris dalam laporannya saat acara pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing bagi ASN, Serpong, Selasa (26/11/2019).

    Dalam arahannya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bahwa pengelolaan data yang beragam ini harus dilakukan sendiri, bukan melalui pihak ketiga. “Menjadi ironis, kalau nanti Cloud Computing milik Negara sudah ada tapi yang mengelola pihak ketiga. Karena itu dengan Bimtek ini bisa menjadi bekal Anda sekalian bisa mengelola Cloud Computing di instansinya masing masing,” kata Basuki saat membuka kegiatan Bimtek dan Sertifikasi bidang Cloud Computing bagi ASN di Serpong (26/11).

    Selain itu, alasan dari penggunaan teknologi komputasi awan ini juga bisa menghemat biaya infrastruktur teknologi yang mungkin selama ini masih menjadi beban anggaran setiap instansi pemerintahan yang cukup tinggi. “Cloud Computing ini merupakan salah satu bisnis yang paling laku diadopsi di era Revolusi Industri 4.0 ini, dan bagi Indonesia yang kondisi geografisnya banyak memakan biaya infrastruktur fisik, dengan teknologi ini biaya infrastruktur fisiknya bisa ditekan,” tambah Basuki.

    Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing Bagi ASN diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Sertifikasi Balitbang SDM Kominfo selama 4 hari (26 s.d 29 November 2019) dan diikuti sebanyak 70 (tujuh puluh) orang peserta dari instansi Kementerian, Lembaga Pemerintahan Pusat, Kantor Dinas dan Lembaga Pemerintahan Daerah. Selama 3 hari pelatihan, peserta akan dibimbing oleh tim instruktur dari Universitas Gunadarma. Setelah itu selama 1 hari, seluruh peserta akan mengikuti uji sertifikasi SKKNI yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika. Dalam pembukaan kegiatan ini, turut hadir Dewan Pembina Asosiasi Cloud Computing Indonesia Prof. Eko K. Budiardjo yang juga menyampaikan paparan mengenai peluang dan tantangan pengembangan SDM bidang Cloud Computing.

    Berita Terkait

    SAM Kominfo: Perlu Edukasi Publik dalam Penerapan PDP

    Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto menyebutkan salah satu tantangan penerapan Pelindungan Data Pribadi Selengkapnya

    Menkominfo: Presiden Tekankan Dua Aspek Percepatan Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, Presiden Joko Widodo menekankan dua aspek penting dalam melakukan percepatan Selengkapnya

    Kominfo: Peran Orang Tua Penting Dampingi Anak Saat Pakai Gawai

    Sekertaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan peran orangtua sangat penting di masa pande Selengkapnya

    Disinformasi! Penampakan UFO dari Balik Awan

    Sebuah konten berbentuk video tersebar di media sosial. Dalam video tersebut tampak sebuah benda bulat bercahaya muncul dari balik awan. Kon Selengkapnya