FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2019

    1958

    Kominfo Apresiasi Peluncuran Buku Cerita dari Sudut Istana

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Seditjen IKP Kementerian Kominfo bersama Alois Wisnuhardana dan Jojo Raharjo dalam kegiatan Bedah Buku di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi penerbitan buku berjudul “Cerita dari Sudut Istana, Kisah tentang Peristiwa dan Berita yang Menghiasi Panggung Media.

    Buku tersebut merupakan karya Alois Wisnuhardana dan Jojo Raharjo. Keduanya merupakan mantan dan jurnalis dan menjadi tenaga ahli di Kantor Staf Presiden (KSP).

    Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sumiati mengatakan, buku tersebut merupakan potret dari perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

    “Saya sangat mengapresiasi terbitnya buku ini, yang merupakan dokumentasi kurang lebih empat tahun pengalaman mengelola komunikasi publik dan desiminasi informasi dari balik layar kantor staf Presiden,” kata Sumiati saat membuka kegiatan Bedah Buku di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

    Sesditjen Sumiati menjelaskan, mengelola komunikasi publik bukan perkara mudah. Menurutnya, tren teknologi dan keterbukaan informasi publik menjadi salah satu dampak yang bisa dilihat saat ini.

    “Faktor perubahan tren teknologi dan keterbukaan, juga memberikan dampak yang signifikan bagi pola komunikasi pemerintah khususnya,” jelasnya saat mewakili Dirjen IKP Widodo Muktiyo.

    Menurut Sumiati, tantangan dari keterbukaan informasi menuntut pemerintah untuk lebih berperan aktif dalam berkomunikasi. 

    “Buku ini dapat menjadi referensi bahwa, upaya membangun persepsi publik harus dilakukan dengan cara berkolaborasi, dengan membangun relasi bersama komunitas sebanyak-banyaknya. Membangun relasi dengan para pengelola dan pekerja media, pemilik dan akun-akun media sosial dan pemangku kepentingan lain yang terkait dengan program kebijakan pemerintah,” ujarnya.

    Di sisi lain, Sumiati menambahkan, kemajuan teknologi juga mendorong kebebasan berpendapat di ruang publik. 

    “Ini mengingatkan saya bagaimana pengalaman lima tahun periode pertama pemerintahan, kami (Kementerian Kominfo) sangat intens bekerja sama dengan KSP dan kementerian teknis lainnya untuk membangun persepsi publik,” terangnya.

    Kegiatan Bedah Buku Cerita dari Sudut Istana, juga menghadirkan Mantan Tenaga Ahli Utama Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin, serta Juru Bicara/Staf Khusus Presiden M Fadjroel Rachman. **

    Berita Terkait

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Resmikan Kominfo Mart, Penasihat DWP: Mari Ciptakan Inovasi!

    Penasihat DWP Kementerian Kominfo berharap peluncuran Kominfo Mart memberikan manfaat besar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA