FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2019

    782

    Kominfo Apresiasi Peluncuran Buku Cerita dari Sudut Istana

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Seditjen IKP Kementerian Kominfo bersama Alois Wisnuhardana dan Jojo Raharjo dalam kegiatan Bedah Buku di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi penerbitan buku berjudul “Cerita dari Sudut Istana, Kisah tentang Peristiwa dan Berita yang Menghiasi Panggung Media.

    Buku tersebut merupakan karya Alois Wisnuhardana dan Jojo Raharjo. Keduanya merupakan mantan dan jurnalis dan menjadi tenaga ahli di Kantor Staf Presiden (KSP).

    Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sumiati mengatakan, buku tersebut merupakan potret dari perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

    “Saya sangat mengapresiasi terbitnya buku ini, yang merupakan dokumentasi kurang lebih empat tahun pengalaman mengelola komunikasi publik dan desiminasi informasi dari balik layar kantor staf Presiden,” kata Sumiati saat membuka kegiatan Bedah Buku di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

    Sesditjen Sumiati menjelaskan, mengelola komunikasi publik bukan perkara mudah. Menurutnya, tren teknologi dan keterbukaan informasi publik menjadi salah satu dampak yang bisa dilihat saat ini.

    “Faktor perubahan tren teknologi dan keterbukaan, juga memberikan dampak yang signifikan bagi pola komunikasi pemerintah khususnya,” jelasnya saat mewakili Dirjen IKP Widodo Muktiyo.

    Menurut Sumiati, tantangan dari keterbukaan informasi menuntut pemerintah untuk lebih berperan aktif dalam berkomunikasi. 

    “Buku ini dapat menjadi referensi bahwa, upaya membangun persepsi publik harus dilakukan dengan cara berkolaborasi, dengan membangun relasi bersama komunitas sebanyak-banyaknya. Membangun relasi dengan para pengelola dan pekerja media, pemilik dan akun-akun media sosial dan pemangku kepentingan lain yang terkait dengan program kebijakan pemerintah,” ujarnya.

    Di sisi lain, Sumiati menambahkan, kemajuan teknologi juga mendorong kebebasan berpendapat di ruang publik. 

    “Ini mengingatkan saya bagaimana pengalaman lima tahun periode pertama pemerintahan, kami (Kementerian Kominfo) sangat intens bekerja sama dengan KSP dan kementerian teknis lainnya untuk membangun persepsi publik,” terangnya.

    Kegiatan Bedah Buku Cerita dari Sudut Istana, juga menghadirkan Mantan Tenaga Ahli Utama Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin, serta Juru Bicara/Staf Khusus Presiden M Fadjroel Rachman. **

    Berita Terkait

    Kominfo: Peran Orang Tua Penting Dampingi Anak Saat Pakai Gawai

    Sekertaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan peran orangtua sangat penting di masa pande Selengkapnya

    Kominfo: IoT Solusi Penanganan Krisis Kesehatan dan Ekonomi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pemanfaatan Internet of Things (IoT) sebagai solusi penanganan krisis kesehatan dan ekonomi Selengkapnya

    Jelang Pilkada Serentak, Kominfo Pastikan Jaga Ruang Digital dari Hoaks

    Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menekankan kembali upaya Pemerintah untuk me Selengkapnya

    Disinformasi! Penampakan UFO dari Balik Awan

    Sebuah konten berbentuk video tersebar di media sosial. Dalam video tersebut tampak sebuah benda bulat bercahaya muncul dari balik awan. Kon Selengkapnya