FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2019

    1144

    Kominfo Jamin Jaringan Telekomunikasi Lancar Saat Natal - Tahun Baru

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Jakarta (ANTARA) - Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di titik keramaian perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

    Berikut kesiapan infrastruktur jaringan yang dilakukan oleh operator telekomunikasi, menurut Ditjen PPI, seperti yang tertulis dalam keterangan resminya.

    PT. Telkomsel
    Telkomsel akan melakukan optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

    Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk kenyamanan memaksimalkan pelanggan dalam layanan data.

    Berikut kesiapan yang telah dilakukan Telkomsel.
    a. Menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

    b. Layanan pelanggan dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self service GraPARI virtual yang siap berinteraksi langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7x24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.

    c. Menghadirkan Roadshow Natal dan tahun baru (Naru) yang akan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat membutuhkan, 2.500 anak secara yang panti asuhan dan 40 tempat ibadah atau Yayasan sosial di empat kota di seluruh Indonesia (Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak).

    d. Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019 dengan menyediakan berbagai hadiah.

    PT XL Axiata Tbk
    XL telah mengerahkan 30 moblie BTS. XLtelah melakukan persiapan di jalur tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Pantura, Pansela, 300 titik pusat keramaian, tempat wisata, bandara, bis, stasiun, pelabuhan, mall dan tempat-tempat ibadah.

    PT. Indosat, Tbk
    Indosat telah melakukan pengukuran QoS di beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian, di antaranya stasiun, terminal, bandara dan lokasi wisata.


    PT Hutchison 3 Indonesia
    Tri telah menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari 3.410 unit BTS 4G LTE dan 80 unit BTS 3G, kemudian ekspansi kapasitas di 3.660 BTS, serta penambahan 4G di kanal baru spektrum 2.100 MHz.

    Tri juga mengoptimalkan layanan di 160 titik penting dan pusat keramaian, penambahan 15 mobile BTS untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa, serta di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

    Untuk menjamin layanannya kepada masyarakat, 3Store juga beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru.

    PT. Smartfren Telecom
    Smartfren telah mengalokasikan 29 Mobile BTS, yang terdiri dari 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional. Smartfren juga melakukan Intensive Care & Monitoring seluruh sistem pada H- 14 dan H+14 melalui NOC (Network Operations Centre) di Jakarta dan Surabaya.

    Tidak hanya itu, untuk menjamin lancarnya layanan saat Natal dan Tahun Baru, Smartfren menyiapkan engineer team aktif, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 s/d H+7 untuk menanggulangi gangguan kapan saja.

    PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia
    Sampoerna Telekomunikasi Indonesia menyiapkan cadangan bbm untuk genset backup di site, namun tidak ada mobile BTS yang dikerahkan.

    Untuk menjamin lancarnya layanan saat Natal dan Tahun Baru, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia melakukan pengaturan jadwal shift petugas NoC pusat, melakukan koordinasi dengan building management untuk catu daya terutama kesiapan genset backup dan bbm nya.

    Selanjutnya, melakukan koordinasi dan pengaturan dengan field engineering area team, serta koordinasi dengan penyelenggara jaringan backhaul untuk jaminan ketersediaan jaringannya.

    PT. Telkom Indonesia
    Telkom menghadirkan layanan prima dengan menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds), serta menyiapkan infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020 dengan pelatihan Network & Service dann Mitigasi Celah Keamanan Network dan IT.

    Telkom juga menyiapkan Posko 247 TelkomGroup SIAGA NARU 2019-2020 di tujuh Telkom Regional dan TIOC Jakarta.

    Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

    Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.

     

    Sumber: antaranews.com

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA