FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2019

    1478

    Sekjen Kemkominfo RI Buka Diskusi Bijak Bermedsos di Toraja Utara

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TRIBUNTORAJA.COM, KESU - Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI melaksanakan forum diskusi di Aula Hotel Misiliana Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Jumat (13/12/2019) sore.

    Kegiatan tersebut dicanangkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI dengan tema forum diskusi yaitu Bijak Bermedsos 'Jaga Keutuhan Bangsa'.

    Dibuka langsung Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemkominfo RI, Rosita Niken Widiastuti.

    Kata Rosita saat membawakan sambutan mengatakan, Indonesia memiliki etnis, ratusan bahasa daerah sehingga patut disyukuri komunikasi dengan orang lain yang memiliki bahasa persatuan.

    "Dengan adanya internet kita mudah mengirim informasi di berbagai aplikasi, sehingga mudah terdistribusi yang terpikirkan dan tidak butuh waktu lama," ucapnya.

    Dijelaskan Rosita, Kemkominfo RI bisa akses internet di berbagai daerah dan telah membangun palaparing sehingga kabupaten/kota mudah tercover dengan internet.

    Menurutnya, adanya media sosial (Medsos) banyak hal positif bisa digunakan komunikasi dan berinteraksi sesama masyarakat, yang tidak hanya informasi dan interaksi tapi juga bisa dimanfaatkan untuk hal produktif.

    "Saya ketahui Toraja ini punya keunggulan dan banyak tempat wisata, melalui medsos keunggulan dan keunikan budaya Toraja bisa diaplikasikan juga," tambah Rosita.

    Lanjut Rosita, para narasumber diskusi akan menyampaikan bagaimana bijak bermedia sosial, contoh untuk promosi pariwisata dan budaya Toraja yang unik dan tidak dimiliki daerah lain.

    "Kekuatan medsos bisa dimanfaatkan promosikan pariwisata Toraja, pelayanan dan program pemerintah pusat dapat diketahui dengan memanfaatkan medsos secara bijak untuk sampaikan kabar baik," ungkapnya.

    Sekjen Kemkominfo RI, Rosita Niken Widiastuti juga menyampaikan di tahun politik banyak konten yang dimanfaatkan negatif para oknum tertentu dan melakukan berita hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan profokasi yang kemudian diviralkan.

    Sehingga banyak memicu konflik hingga ada korban jiwa dan dapat memecah belah bangsa hingga SARA.

    "Disinilah peran Kemkominfo tidak berhenti melakukan literasi media sosial, IKP kerjasama dengan lembaga keagamaan hingga komunitas kreatif membantu memberikan pendidikan atau literasi dan edukasi menggunakan medsos dengan baik dan benar.

    "Pentingnya literasi di berbagai daerah kita kerjasama dengan pemda Toraja Utara," tutup Rosita.

    Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Rede Roni Bare, Kepala OPD dan SKPD serta tamu undangan sebagai peserta forum diskusi.

    Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI, Ismail Cawidu dan Pemerhati Sosial Budaya Toraja, Aloysius Lande sebagai narasumber diskusi dan dilakukan sesi tanya jawab yang berhadiah doorprize.

    Sekjen Rosita Niken Widiastuti diterima Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampingi Kadis Kominfo SP Toraja Utara, Fitra di Bandara Bua, Kota Palopo.

     

    Sumber: tribunnews.com

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Menkominfo Umumkan Lima Juru Bicara Vaksin Covid-19. Siapa Saja?

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan lima juru bicara baru untuk penanganan Covid-19. Penunjukkan jur Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA