FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 10-2012

    1624

    Pengguna Internet Banking Dihantui Ratusan Juta Phishing e-mail

    Kategori Sorotan Media | admin

    BANDUNG (bisnis-jabar.com) - Pihak perbankan mengaku serangan phishing atau pengelabuan marak terjadi dan mengganggu keamanan informasi.

    Rico Usthavia Frans, Senior Vice President Electronic Banking Bank Mandiri, menyatakan serangan phishing berupa email yang isinya menakuti.

    "Penerima email harus memasukkan nama pengguna dan password agar pelaku bisa melakukan transaksi internet banking. Phishing terjadi hingga ratusan juta kali dalam sebulan, " katanya kepada bisnis-jabar.com usai mengisi Indonesia Information Security Forum 2012 di Bandung Rabu (10/10).

    Dia menyebutkan saat ini sekitar 90 % nasabah melakukan transaksi elektronik.

    Sementara itu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sedang menggodok RPM Tata Kelola Keamanan Informasi.

    Kasubdit Tata Kelola Keamanan Informasi Hasyim Gautama menyatakan RPM baru akan menjadi peraturan resmi jika Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (RPP PSTE) telah disetujui.

    "Kita ingin mengatur agar tidak terjadi kejahatan yang sifatnya ekonomi dan bisnis," katanya. Menurutnya jika kejahatan tersebut dibiarkan pada kondisi tertentu bisnis tidak akan berkembang.

    Peraturan yang sedang digodok nantinya akan memberi sanksi administratif yang mengatur orang tanpa hukuman pidana.

    Dia mencontohkan salah satu kasus yang mengganggu dalam keamanan informasi adalah phishing atau pengelabuan.

    Selain itu ada juga yang melakukannya melalui sms, yang meminta korban mengirim sejumlah uang pada rekening asing. Tak hanya itu, ada pula pengiriman sms yang meminta transfer pulsa.

    Cahyana Ahmadjayadi, Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan Kemenkominfo, menyatakan bicara keamanan informasi maka akan terkait dengan keamanan perusahaan.

    RPM Tata Kelola Keamanan Informasi menurutnya memang baru tahap memunculkan kesadaran dan sosialisasinya masih terus dilakukan.(k60/FSI)

    sumber: http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/pengguna-internet-banking-dihatui-ratusan-juta-phising-e-mail

    Berita Terkait

    Hoaks Makin Merajalela Jelang Pemilu

    Selengkapnya

    7 Maret 2019 Internet Bakal 'Menghilang' di Bali

    VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau kepada seluruh operator telekomunikasi agar memadamkan internet pada Kamis, 7 Mare Selengkapnya

    Melek Internet dengan Ular Tangga dan Semai Damai

    Puluhan anak-anak, remaja, dan orang tua bergantian memainkan ular tangga di arena car free day Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (3/3). Warg Selengkapnya

    Penyalahgunaan NIK Bakal Diusut Polisi

    Jakarta - Dalam aturan baru yang oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengajak Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA