FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2019

    1744

    Menkominfo Minta Masyarakat Produktif Gunakan Internet

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat meninjau Network Operation Center (NOC) Palapa Ring di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (21/12/2019).

    Sumba Timur, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate meminta masyarakat menggunakan internet untuk kegiatan produktif, salah satunya untuk kegiatan ekonomi masyarakat berbasis digital. 

    "Masyarakat harus memastikan penggunaan internet untuk kegiatan ekonomi masyarakat berbasis digital. Bangsa Indonesia harus bisa melakukan transformasi untuk menjadi masyarakat yang biasa terhadap digitalisasi,” katanya saat meninjau Network Operation Center (NOC) Palapa Ring di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (21/12/2019). 

    Menurut Menteri Kominfo, masyarakat bisa menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran dan penjualan produk andalan masing-masing daerah. "Tren perdagangan global mengarah kepada sistem yang luas. Selain itu, pemanfaatan marketplace dalam aplikasi digital juga jadi kesempatan untuk pelaku usaha," ungkapnya.

    Kunjungan Menteri Johnny untuk memastikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi bermanfaat untuk ekonomi digital di wilayah timur Indonesia. Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo meminta pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat lebih produktif dalam menggunakan internet. 

    "Pemerintah daerah juga wajib ikut serta mendorong masyarakat untuk lebih produktif dan efisien dengan akses internet. Terlebih, pergeseran sistem pemasaran dan penjualan produk daerah dari skema offline harus berubah secara bertahap menjadi lewat jaringan digital," jelasnya.

    Menteri Johnny mengungkapkan pembangunan Palapa Ring merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan akses internet yang merata di seluruh Indonesia. “Palapa Ring adalah jaringan infrastruktur yang belum sampai titik akhir, kesempatan baru bagi operator untuk memperluas akses internet,” ujarnya.

    Menurut Menteri Kominfo, saat ini, Pemerintah tengah menyiapkan Satelit Indonesia Raya (Satria) untuk daerah yang sangat terpencil dan belum terjagkau jaringan kabel serat optik Palapa Ring. 

    "Alhasil, seluruh wilayah Indonesia siap untuk mendapatkan akses internet yang seimbang. Palapa Ring dan Satria merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," jelas Menteri Johnny.

    Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali menjelaskan, kehadiran Palapa Ring mendukung pemerintah daerah dan masyarakat. "Masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari teknologi internet yang terbangun untuk promosi tenun ikat secara domestik atau pemasaran langsung ke luar negeri," jelasnya.

    Wakil Bupati Umbu juga menyorot belum seluruh wilayah di Sumba Timur mendapatkan internet yang merata. "Saat ini 2 kecamatan dari total 22 kecamatan yang ada di Sumba Timur masih belum dapat jaringan komunikasi yang baik. Kebutuhan internet masih terdapat pada sekitar 40 desa lagi,” katanya.

    Project Leader PT Palapa Timur Telematika (PTT) Benyamin Sembiring menjelaskan pembangunan Palapa Ring Timur lebih berat daripada Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah. "Butuh kabel laut sepanjang 4.500 kilometer untuk melengkapi optik fiber di daerat dengan ukuran 2.400 kilometer. PTT adalah Badan Usaha Pelaksana (BUP) untuk komersialisasi Palapa Ring," jelasnya.

    Menurut Benyamin, dengan selesainya pembangunan Palapa Ring Timur pada Agustus 2019 lalu menandakan selesainya infrastruktur Palapa Ring secara keseluruhan. "Potensi penggunaan internet di daerah timur Indonesia masih sangat besar. Sekarang kita masuk masa uji coba kepada operator yang berminat,” ujar Benyamin.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA