FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 12-2019

    1912

    Menkominfo Tinjau akses internet BAKTI di NTT

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Kupang (ANTARA) - Menteri Kominfo Jhony G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Manggarai Raya Nusa Tenggara Timur ( NTT) dalam rangka meninjau lokasi akses Internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di wilayah NTT.

    Dalam kunjungan kerjanya di Manggarai Barat, Sabtu, ia mengatakan bahwa kunjungan tersebut guna mendukung terwujudnya Indonesia menuju "Digital Nation" terus berupaya membangun infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK) secara merata di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

    "Saya ingin melihat secara langsung pilot project 3T yang dirintis oleh Kominfo di Manggarai Raya. Saya ingin melihat secara fisiknya seperti apa," katanya kepada wartawan di Labuan Bajo, dslam rilis yang diterima Antara Kupang, Sabtu (21/12) pagi.

    Ia mengatakan pilot project 3T yang ada di Manggarai Raya, yakni di Pelabuhan Reo Kabupaten Manggarai khususnya saat ini memiliki kecepatan internetnya delapan megabite per detik.

    Selain itu juga khususnya di Seminari Santo Pius XIII Kisol Kabupaten Manggarai Timur, kecepatan internetnya mrncapai 8 MB/detik. Selain itu, Menteri Jhony juga meninjau representasi pusat pendidikan di Seminari Kisol, sebagai simbol pusat perhatian Presiden terhadap pengembangan SDM.

    Sedangkan di Labuan Bajo Manggarai Barat, Menteri meninjau Puskesmas Labuan Bajo, bagaimana Puskesmas itu menggunakan teknologi 4G dalam pelayanan kesehatan.

    Selain melakukan kunjungan kerja di Manggarai Raya, Menteri juga dijadwalkan akan berkunjung ke Pulau Sumba.

    "Saya juga mau lihat secara langsung tindak lanjut gelar fiber optik Palapa Ring dari Sumba hingga Rote," tambah dia.

    Ia juga mengatakan ingin memastikan apakah pelayanan Palapa Ring di wilayah itu sudah maksimal.

    "Kalau sudah ya syukur, tapi kalo belum maksimal maka pilot project 3T maka akan ada kebijakan lanjutan untuk tahun 2020 hingga 2024 bisa di lakukan akselerasi di bidang informasi dan komunikasi," jelas Menteri Jhoni Plate.

    Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula dihubungi dari Kupang mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi Manteri Kominfo yang sangat memberikan perhatiannya kepada sejumlah Kabupaten di Manggarai, khususnya di kabupaten Manggarai Barat yang adalah kabupaten memiliki potensi pariwisata yang banyak.

    "Kemarin beliau sebentar saja di Labuan Bajo, tetapi tadi sebelum berangkat ke Sumba pak Menteri meninjau sejumlah lokasi yang ada pembangunan jaringan internetnya, " ujarnya.

    Bupati mengaku bahwa Menteri Jhony ingin agar potensi internet yang ada diharapkan bisa dikembangkan untuk peningkatan kunjungan pariwisata di daerah itu mengingat Labuan Bajo adalah kawasan wisata unggulan bagi wisatawan.

     

    Sumber: antaranews

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA