FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 12-2019

    1684

    Monitoring Jaringan Telekomunikasi Pada Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

    SIARAN PERS NO 224/HM/KOMINFO/12/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No 224/HM/KOMINFO/12/2019

    Selasa, 31 Desember 2019

    Tentang

    Monitoring Jaringan Telekomunikasi Pada Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

     

    Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik percakapan dan data saat Liburan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk menyiapkan fasilitas layanan prima di bidang akses telekomunikasi, di antaranya melakukan monitoring/pengecekan jaringan/pengukuran kualitas layanan telekomunikasi (quality of service/qos) di titik pusat keramaian/POI prioritas seperti airport/bandara, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, pusat perayaan tahun baru, dan jalur mudik.

    Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, pemerintah meminta agar semua operator seluler meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi/QoS. Menindaklanjuti hal tersebut, operator seluler telah menyampaikan laporan tentang kesiapan mereka dalam menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 yang dimulai dari awal November 2019 sampai pertengahan Januari 2020,  antara lain:

    • Menyiapkan 479.125 unit BTS di seluruh Indonesia, untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data. 

    • Mengerahkan 160 unitmobile BTS di titik-titik keramaian yang menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.  

    • Melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice dan sms.

    • Mengerahkan tim untuk melakukan pengukuran QoS dalam mengawal dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal dan tempat wisata. 

    • Menyiagakan personil dan outlet-outlet maupun posko siaga 24 jam sejak awal November 2019 hingga pertengahan Januari 2020. 

    • Melakukan patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.

    Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler selama Libur Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.  

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    LAMPIRAN SIARAN PERS No 224/HM/KOMINFO/12/2019 

    Penyelenggara Telekomunikasi

    Infrastruktur Eksisting, Penambahan infrastruktur dan Peningkatan Kapasitas Jaringan

    Persiapan Posko, SDM dan Layanan Lainnya

    PT. Telkomsel

    Optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. 

    Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.



    1. Menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outlet sisaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

    2. Kemudahan pelanggan dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7x24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.

    3. Menghadirkan Roadshow Natal dan tahun baru (Naru) yang akan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan dan 40 tempat ibadah atau Yayasan sosial di empat kota di seluruh Indonesia (Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak).


    1. Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019 dengan menyediakan berbagai hadiah. 

    PT XL Axiata Tbk

    1. Pengerahan 30 Mobile BTS. 

    2. Melakukan pengecekan jaringan/pengukuran QoS di :

    • 300 titik pusat keramaian/POI (airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru)

    • 3 jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Sby-Jakarta jalur selatan, Medan Kualanamu Airport-Medan)

    • 7 jalur tol (jak-Bogor, Jak-Sby, Sby-Malang, Jak-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA dan Medan-Tebing)

    1. Patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.

    Monitoring 24/7 di NOC dengan standby engineer di region pada tempat-tempat penting dan jalur mudik.

    PT. Indosat, Tbk

    1. Penambahan 4 mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata.


    1. Penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019.


    1. Peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS.


    1. Melakukan Pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata.

    Melakukan networkmonitoring secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC).



    PT Hutchison 3 Indonesia

    1. Menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari:

    • 3410 unit BTS 4G LTE dan

    • 80 unit BTS 3G

    1. Ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz.

    2. 160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan. 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

    1. 3Store beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru.

    2. 3Care dapat diakses melalui:

    • Aplikasi 3Chat melalui aplikasi bima+

    • WA: 08999800123

    • BBM Pin: 24F1E25C

    • Email: 3care@three.co.id

    • Telp: 123 (dari nomor Tri) atau 08964400123

    PT. Smartfren Telecom

    Alokasi 29 Mobile BTS: 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional.

    1. Intensive Care & Monitoring seluruh element systems    pada H-14 dan H+14 melalui NOC (Network Operations Centre) di Jakarta dan Surabaya.

    2. Kesiapan engineerteam aktif, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 s/d H+7 dan selalu siap ditugaskan untuk menanggulangi gangguan kapan saja.

    PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

    1. Persiapan cadangan bbm untuk genset backup di site.

    2. Mobile BTS yang dikerahkan: -

    1. Pengaturan jadwal shift petugas NoC pusat.

    2. Koordinasi dengan building management untuk catu daya terutama kesiapan genset backup dan bbm nya.

    3. Koordinasi dan pengaturan dengan field engineering area team.

    4. Koordinasi dengan penyelenggara jaringan backhaul untuk jaminan ketersediaan jaringannya.

    PT. Telkom Indonesia

    1. Layanan Prima: Top performquality of service yaitu menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds).

    2. Penyiapan Infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020.

    • Pelatihan Network & Service.

    • Mitigasi Celah Keamanan Network dan IT.

    1. Posko 247 TelkomGroup SIAGA NARU 2019-2020 di 7 Telkom Regional dan TIOC Jakarta.

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA