Dampak Bencana Banjir Jabodetabek terhadap Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi
SIARAN PERS NO.01/HM/KOMINFO/01/2020
Warga melakukan pengisian daya untuk telepon genggamnya saat banjir melanda di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020). Warga korban banjir harus membayar Rp5000 untuk dapat mengisi daya listrik gadget mereka hingga terisi penuh. - (antarafoto) Siaran Pers No.01/HM/KOMINFO/01/2020
Kamis, 2 Januari 2020
Tentang
Dampak Bencana Banjir Jabodetabek terhadap Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi
Bencana banjir di Jabodetabek yang terjadi hari Rabu (01/01/2020) menyebabkan beberapa BTS seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan sampai hari Rabu (1/1/2020) malam secara keseluruhan masyarakat/pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa BTS mati karena BTS tersebut memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable.
Pada hari Kamis (02/01/2020) pagi, layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena masih ada beberapa kawasan banjir.
Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman.
Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id
Lampiran
Laporan Operator tentang Kondisi Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi
Penyelenggara Telekomunikasi | Kondisi Infrastruktur dan Layanan Terdampak Banjir | Upaya Perbaikan |
PT. Telkomsel | Network Telkomsel masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, adapun beberapa site down yang tersebar di wilayah jabodetabek akibat tidak tersedianya supply power yang dikarenakan pemadaman dari PLN. | Saat ini tim network Telkomsel masih berupaya dan fokus untuk recovery site2 yang down dengan mendistribusikan mobile backup power (MBP) agar bisa segera service kembali. |
PT XL Axiata Tbk | Secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya supply listrik di area-area banjir di Jakarta tsb. | Saat ini team teknis di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi. |
PT. Indosat, Tbk | Status Jaringan Indosat masih dapat memberikan layanan kepelanggan. Beberapa site mati dikarenakan tidak adanya aliran listrik dari PLN. | Saat ini tim Indosat masih terus memantau dan melakukan upaya untuk up site dengan menggunakan genset portable. Kendala saat ini akses ke site yang masih tertutup karena banjir |
PT Hutchison 3 Indonesia | Jaringan H3I secara keseluruhan masih aman dan masih dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Terdapat beberapa site yang mati akibat pemadaman listrik PLN | Antisipasi tim operation untuk mobilisasi portable genset |
PT. Smartfren Telecom | Terkait dengan bencana banjir yang melanda Jakarta, jaringan Smartfren masih aman meskipun beberapa site terkendala masalah pada Rabu pagi namun karena semua site sudah dilengkapi baterai sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan. Saat ini, pada hari Rabu malam, kondisi site Smartfren yang down tersebut sudah on services kembali. | - Mengerahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini hari dan tetap di siagakan untuk antisipasi situasi dan kondisi kedepan.
- Melakukan upaya backup menggunakan genset
-
|
PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia | Jaringan net1 saat ini aman | Mengerahkan genset di site yang PLN nya mati. |
Pembentukan gugus tugas itu bertujuan menyelesaikan permasalahan judi online secara lebih menyeluruh dengan mempertajam koordinasi antarkeme Selengkapnya
Bagi dunia usaha, implementasi keamanan siber dapat memberikan perlindungan dari ancaman pencurian dan kebocoran data. Selengkapnya
Menteri Budi mendorong kolabrasi dalam mengembangkan tata kelola keamanan siber, khususnya di sektor industri. Selengkapnya
Guna menciptakan persaingan yang setara antar perusahaan penyelenggara layanan telekomunikasi, Menteri Budi Arie memastikan Starlink harus m Selengkapnya