FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2020

    9798

    [DISINFORMASI] Pemasukan TikTok Digunakan untuk Mendirikan Kamp Konsentrasi Muslim Uighur China

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar postingan di Facebook yang menjelaskan penggunan Tik Tok untuk pembangunan kamp konsentrasi muslim Uighur di China. Dalam postingan tersebut juga memasukan link berita dari CNN Indonesia untuk mengaitkan dengan postingan yang dibahas. 

    Faktanya berdasarkan hasil penelusuran bahwa klaim tersebut tidak benar. Dalam postingan tersebut terdapat nama Fira Aziz, wartawan Amerika Serikat yang disebut melakukan kunjungan ke kantor Tik Tok di China, namun tidak ditemukan dalam platform database jurnalis PressHunt dan PressFarm. Sementara lewat penelusuran dengan kata kunci Fira Aziz merujuk kepada Feroza Aziz, seorang remaja Amerika Serikat yang sempat viral karena mengkritik perlakuan terhadap muslim Uyghur di China. Selain itu, link berita CNN Indonesia yang dikutip tidak memiliki kaitan dengan isi yang dibahas dalam konten tersebut. Link berita tersebut membahas laporan dari Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut China membujuk ormas Islam agar tidak lagi mengkritik dugaan persekusi terhadap muslim Uyghur lewat sejumlah bantuan dan menjawab kritik yang dilayangkan lewat Kedutaan Besar China di Jakarta. Sehingga, link berita yang dicantumkan tidak mendukung klaim dari konten tersebut.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://www.cnnindonesia.com/internasional/20191212202601-106-456537/media-asing-china-rayu-ormas-islam-ri-agar-diam-soal-uighur?fbclid=IwAR2i6AsiS3SSjSrdlrDHLWVqTv9VlYvvAHZlx1gpZdA8RfbAWeDzeAoCSag

    https://www.bbc.com/news/technology-50582101?fbclid=IwAR2e_09UcmFeg417RrNpLviQa3WRAReS7gj6cShXe8CZSf7ZjZ7BJyVtwhs

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Presiden Joko Widodo Perintahkan untuk Menangkap Para Pendemo Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] WHO Melakukan Pengawasan untuk Mengontrol Penyakit Semua Orang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anak yang Tidak Divaksin Bebas dari Infeksi Telinga

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun TikTok Prabowo Bansos Bagikan Uang dengan Persyaratan Umur 30-60 Tahun

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA