FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2020

    1494

    Menkominfo Bersama Mitra Beri Bantuan Logistik Kepada Warga Terdampak Banjir

    SIARAN PERS NO.02/HM/KOMINFO/01/2020
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama sejumlah mitra kerja saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jl. Daan Mogot Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020) sore. - (AYH)

    Siaran Pers No.02/HM/KOMINFO/01/2020
    Selasa, 7 Januari 2020
    Tentang
    Menkominfo Bersama Mitra Beri Bantuan Logistik Kepada Warga Terdampak Banjir 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama dengan mitra kerja memberikan bantuan logistik bagi masyarakat yang terkena dampak banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hal itu merupakan bentuk solidaritas dan kesadaran sosial dalam meringankan dampak  banjir yang dialami warga terdampak.

    “Kegiatan solidaritas sosial yang dibangun  dengan koordinasi dari Kementerian Kominfo bersama mitra kerjanya. Ada 20 lebih mitra kerja yang mengambil bagian di dalam bantuan sosial bencana banjir,” ungkap Menteri Johnny saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jl. Daan Mogot Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020) sore.

    Kecamatan Cengkareng dan Kalideres merupakan salah lokasi pengungsian yang disambangi Menteri Kominfo Johnny. Selain mengadakan bakti sosial di daerah tersebut, Kementerian Kominfo dan mitra kerja juga mendistribusikan bantuan ke daerah lain. “Bantuan sosial bencana banjir didistribusikan ke banyak tempat, ada di Kecamatan Kalideres, ada juga di Bogor dan di mana-mana,” ucap Menteri Johnny.

    Lebih lanjut Menteri Kominfo menyampaikan bahwa bencana apapun termasuk banjir adalah merupakan ujian bagi kerekatan silaturahmi bagi kita sesama anak bangsa. “Apabila ada saudara-saudari yang menderita di situlah ujian kerekatan silaturahmi itu. Kali ini Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra kerjanya berbagi rasa dan berbela rasa dengan masyarakat setempat yang terdampak banjir. Jangan diukur dari jumlahnya atau waktunya mungkin sudah agak terlambat, tapi ini bagian silaturahmi dan kerekatan kebangsaan kita. Itulah indahnya kita hidup sebagai bangsa, kita saling membantu, saling memperkuat di mana salah satu atau beberapa di antara kita mengalami kesulitan,” ungkapnya.

    Meskipun banjir telah surut, Menteri Johnny mengimbau warga untuk tetap waspada dan selalu mengikuti informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

    “Kita harus tetap waspada, bahwa musim hujan kita masih panjang masih sampai akhir Februari bahkan sampai awal Maret. Pada saat awal-awal ini kita sudah diingatkan dibangunkan disadarkan untuk waspada. Kewaspadaan kita jangna sampai berakhir saat kita kembali ke rumah, harus terus kita bangun dan kita jaga,” imbau Menteri Johnny.

    Menteri Kominfo Johnny juga mengingatkan agar masyarakat tidak percaya terhadap informasi menyesatkan berkaitan dengan penanganan banjir yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah.

    “Pemerintah bekerja untuk memastikan baik di hulu dengan pemerintah provinsi tetangga kita, maupun di hilir kita sebagai rumah tangga untuk selalu menjaga agar infrastruktur kita bisa terjaga dengan baik, terbangun dengan baik sehingga pada saat terjadi banjir kita sebagai masyarakat bisa mengatasinya,” tambahnya.

    Selain itu Menteri Kominfo juga mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada, bahwa kalaupun pemerintah baik Pemda maupun Pemerintah Pusat membangun infrastrukturnya besar-besaran, tapi kalau masyarakatnya tidak mengambil bagian di dalamnya, percuma juga infrastruktur itu.

    “Bagaimana masyarakat ambil bagian di dalamnya, salah satu mari kita berdisiplin dalam membuang sampah, khususnya sampah-sampah plastik. Mari kita atur baik-baik agar jangan sampai ada saluran yang tersumbat, mari kita jaga baik-baik agar infrastruktur yang dibangun ini bisa terjaga dengan baik dan bisa berusia panjang. Infrastruktur, termasuk kanal-kanal, bendungan-bendungan, irigasi-irigasi yang dari uang rakyat, uang kita semua, dari uang seluruh warga masyarakat dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Rote,” jelas Menteri Johnny.

    Sebelumnya, Selasa pagi, sivitas Kementerian Kominfo juga menyalurkan bantuan bagi warga yang terkena dampak banjir melalui Lembaga Daya Dharma (LDD) Keuskupan Agung Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 289/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

    Pemerintah membuka masukan dan saran dari negara-negara yang sudah lebih dulu mengaplikasikan teknologi 5G. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 288/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Jajaki RAM, Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

    Menteri Budi Arie menyatakan Indonesia menggunakan pendekatan horizontal dan vertikal untuk menyusun regulasi yang berkaitan dengan teknolog Selengkapnya

    Siaran Pers No. 287/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi AI secara Etis

    Kehadiran pedoman etika menjadi acuan untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi AI untuk sektor komunikasi publik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 286/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Pelaku Komunikasi Publik Adopsi Teknologi AI

    Menkominfo mengingatkan pelaku komunikasi publik untuk memiliki strategi dalam beradaptasi dengan teknologi AI. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA