FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 01-2020

    2065

    Jadi Pembelajaran, Semua Pihak Diminta Peduli Pelindungan Data Pribadi

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika sekaligus Wakil Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengingatkan masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dalam mengelola data pribadi dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu siang (22/01/2020)

    Jakarta, Kominfo – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan mengingatkan agar masyarakat, pihak perbankan hingga operator seluler agar peduli terhadap pelindungan data pribadi. Menyikapi kasus peretasan akun finansial dan perbankan seorang wartawan senior yang menyebabkan kerugian material hingga ratusan juta, Dirjen Aptika mengharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat. 

    "Masyarakat diharapkan senantiasa selalu berhati-hati dalam mengelola data pribadi masing-masing terutama untuk data-data sensitif yang tersimpan dalam smartphonenya yang bisa kapan saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Dirjen Semuel dalam Konferensi Pers terkait Pembobolan Rekening Bank melalui Pergantian SIM Card dan Isu-isu terkait Perlindungan Data Pribadi di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/01/2019).

    Menurut Semuel, kewaspadaan menjadi penting dalam mengantisipasi berbagai macam bentuk penipuan yang kerap terjadi di era digital.  Menurutnya, kasus itu merupakan rangkaian hasil pencurian data pribadi dan pergantian SIM card operator telekomunikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    “Kalau kita lihat kasusnya seperti yang diketahui, ini adalah satu rangkaian tidak bisa satu saja yang bisa jadi pemicu kasus ini. Ini suatu pembelajaran bagi kita semua, bagi operator dan bank terkait juga masyarakat bahwa di era digital ini makin banyak kejahatan-kejahatan yang bisa mencari kelemahan-kelemahan dari sistem yang ada. Ini suatu pembelajaran buat kita dan perlu perbaikan bagi semuanya,” tandasnya.

    Oleh karena itu, Dirjen Aptika kembali menekankan agar masyarakat tidak terlena dengan kenyamanan yang diberikan dalam digitalisasi ini namun tetap sadar untuk menjaga kerahasiaan data-data pribadi karena bisa menyebabkan kerugian. 

    “Dalam era digital ini, data-data yang sensitif khususnya terkait data finansial harus hati-hati karena kalau tidak, apabila data-data ini dikumpulkan dengan data yang lain itu bisa sangat merugikan kita,” tambahnya.

    Berkaitan dengan kasus pergantian kartu seluler atau  SIM Card Swap, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sudah mengirimkan surat edaran untuk mengingatkan kembali kepada operator telekomunikasi lebih hati-hati dalam pergantian kartu seluler. 

    “Kasus ini tidak bisa berdiri sendiri, ada beberapa informasi yang sudah terbuka sebelumnya lalu dimanfaatkan oleh orang yang punya niat jahat sehingga merugikan customer. Ini bisa jadi turning point untuk evaluasi apakah benar sudah ada mekanisme yang aman,” tutur Semuel yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua BRTI. (AB)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Pers Manfaatkan Transformasi Digital sebagai Peluang

    Kemajuan teknologi ini baru bisa dimanfaatkan jika insan pers memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan menin Selengkapnya

    Migrasi Siaran ke TV Digital Buka Peluang Sektor Kreatif

    Banyak manfaat dari program ASO, salah satunya membuka peluang kerja sektor kreatif. Selengkapnya

    Suguhan Pembuatan Wayang Kulit Bagi Pengunjung Sidang DEWG G20

    Delegasi dan media peliput Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (2nd DEWG G20) di Selengkapnya

    Kaji Penghapusan 3G, Kominfo Pertimbangkan Dua Prinsip Penting

    Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menyatakan, kajian yang dilakukan mempertimbangkan penyediaan sinyal 4G dan kepentingan penggun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA