FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2020

    1721

    Menkominfo: Semua Unsur Pemerintah Telah Kerja Sama Antisipasi Dampak nCoV

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Rapat Tingkat Menteri untuk membahas Kesiapsiagaan dan Antisipasi 2019-nCoV di Kantor Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta, Senin (28/01/2020). - (Kristian/Dok. Humas PMK)

    Jakarta, Kominfo  - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan saat ini Pemerintah telah mengambil langkah komunikasi publik berkaitan dengan dampak penyebaran novel Corona Virus (2019-nCoV) yang tengah berlangsung. Menurutnya, seluruh unsur pemerintah telah bekerja sama untuk upaya preventif dalam menyebarluaskan informasi agar publik waspada.

    "Ada dua target komunikasi terkait dampak virus corona yaitu WNI yang sedang ada di Provinsi Hubei dan masyarakat dalam negeri," jelas Menteri Kominfo dalam Rapat Tingkat Menteri untuk membahas Kesiapsiagaan dan Antisipasi 2019-nCoV di Kantor Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta, Senin (28/01/2020). 

    Menteri Kominfo menegaskan semua unsur pemerintah telah bekerja sama dengan baik dalam rangka upaya preventif baik penyebaran virus, terutama berkaitan dengan informasi dan hal teknis lainnya.

    Menurut Menteri Johnny, Kementerian yang dipimpinnya menjalankan fungsi diseminasi informasi dengan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan. "Fokusnya adalah pencegahan penyebaran virus bagi masyarakat dan tenaga medis, serta langkah pemerintah," jelasnya.

    Secara khusus, Menteri Kominfo menegaskan pihaknya terus melakukan upaya pencegahan penyebaran hoaks yang berkaitan dengan dampak virus Corona dari Tiongkok itu.

    "Kita waspadai penyebaran hoaks, alat drone kami menemukan banyak sekali isu hoax beredar. Ini penting agar masalah virus ini tidak menjadi isu politik dan menimbulkan sentimen pada komunitas tertentu," tandasnya.

    Pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan kasus virus corona. Berdasarkan informasi Komisi Kesehatan Nasional Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada 26 Januari 2020 pukul 13:48 waktu setempat, jumlah pasien akibat nCoV mencapai 2.762 orang, total suspek 5.764 orang, 80 orang diantaranya meninggal dunia.

    Presiden Joko Widodo telah meminta Kementerian Kesehatan terus memperkuat pencegahan di setiap pintu masuk negara guna menimalkan dampak penyebaran nCoV di Indonesia.

    Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang PMK Muhadjir Effendi, selain dihadiri Menteri Johnny juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito. 

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA