FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 02-2020

    282

    WNI dari Wuhan Tiba dengan Selamat, Menlu: Semua Akan Lalui Masa Observasi 14 Hari

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo memimpin Ratas mengenai Evakuasi WNI dari Wuhan, Minggu (2/2), di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta. - (Setkab)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa total 243 orang termasuk di antaranya 5 orang Tim Aju yang dipulangkan dari Wuhan telah tiba dengan selamat di Natuna.

    “Mereka akan melalui masa observasi selama 14 hari. Masa observasi ini juga akan dilakukan oleh 42 tim penjemput WNI dari Wuhan,” ujar Menlu saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai mengikuti Rapat dengan Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta, Mingggu (02/02/2020).

    Total orang yang akan menjalankan observasi, menurut Menlu, adalah 285 dan sampai saat ini kondisi semua dalam kondisi sehat. Lebih lanjut, Menlu menyampaikan bahwa Menkes akan membuka kantor di Natuna dan memberikan perkembangan terkini. “Menteri Kesehatan bersama dengan tim akan membuka kantor di Natuna dan juru bicara dari Menteri Kesehatan dari waktu ke waktu akan menyampaikan update perkembangan,” ujar Menlu.

    Turut hadir dalam konferensi pers ini Menkumham Yasonna Laoly, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

    Penerbangan Dari dan Ke Tiongkok Ditutup Sementara

    Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa penerbangan langsung dari dan ke mainland Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ditunda untuk sementara, mulai hari Rabu, Pukul 00.00.

    “Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” ujar Menlu.

    Pada kesempatan itu, Menlu juga menyampaikan bahwa kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan. “Pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China,” pungkas Menlu di akhir pernyataan kepada wartawan.

    Berita Terkait

    Presiden Tinjau Kesiapan Menuju Tatanan Normal Baru di Bekasi

    Presiden berharap agar muncul kesadaran dan kedisiplinan yang kuat dari masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam ke Selengkapnya

    Kearifan Lokal Selama Pembatasan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

    Masyarakat di daerah mengembangkan pendekatan untuk saling mendukung, khususnya mereka yang paling terdampak di tengah pandemi Covid-19. Pen Selengkapnya

    Presiden: Selamat Memperingati Hari Jumat Agung

    Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial (medsos) twitter @jokowi menyampaikan ucapan peringatan Hari Jumat Agung bagi umat Kristiani. Selengkapnya

    Presiden Tinjau dan Resmikan Rehabilitasi Madrasah di Pekanbaru

    Mengawali hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau, Jumat (21/02/2020), Presiden Joko Widodo meninjau sekaligus meresmikan Madrasah Ts Selengkapnya