FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 02-2020

    1673

    Kini Warga Teluk Wondanama Bisa Menikmati Akses Internet

    Kategori Sorotan Media | meit001

    REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDANAMA— Tidak cuma terhubung jaringan telepon seluler, masyarakat di kampung daerah pedalaman, pesisir juga beberapa wilayah terluar di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kini sudah bisa mengakses internet dengan mudah.

    Sebanyak 15 tower base transceiver station (BTS) baru telah terpasang di 15 titik. Seluruhnya sudah menggunakan teknologi 4G.

    “Pada 2019 ada 15 BTS yang sudah dilengkapi dengan 4G bantuan dari kementerian. Jadi sekarang sebagian besar di daerah pesisir sudah dapat internet, juga di Yabore dan Inyora (kampung di pedalaman distrik Naikere),“ jelas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Dinas Kominfo Teluk Wondama, Yohanes Leihitu, di Wasior, Selasa (4/2).

    Hal itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi C DPRD di gedung dewan di kompleks perkantoran Pemda di Isei, Senin (3/2).

    Kepada jajaran Komisi C yang dipimpin Remran Sinadia, Anis, demikian panggilan karib Yohanes Leihitu menambahkan, secara keseluruhan sejak 2017, Pemkab Wondama telah mendapatkan bantuan 33 titik BTS dari Kementerian Kominfo.

    Dia merinci, pada 2017 dibangun di 10 titik, 2018 delapan titik dan 2019 sebanyak 15 titik. Seluruhnya sudah berdiri dan hampir semuanya kini sudah berfungsi.

    “Dari 33 itu, 15 sudah 4G dan nanti sisanya di 2020 akan di-4G-kan,“ ucap mantan Kepala Sub Bagian Informasi pada Bagian Humas dan Protokol Setda Teluk Wondama ini.

    Sementara untuk tiga kampung yang masih terisolir di Distrik Naikere yakni Oya, Undurara dan Inyora, sejauh ini baru Inyora yang sudah terbangun BTS karena sudah terhubung jalan darat.

    Sedangkan kampung Oya dan Undurara yang belum memiliki akses jalan darat, Kominfo akan mengaktifkan kembali alat komunikasi menggunakan radio SSB (single side band).

    “Untuk Oya dan Undurara kita pakai radio rig supaya bisa dibantu dengan HT (handy talky). Peralatannya sudah siap tinggal kita tunggu helikopter untuk dibawa ke atas,“ kata Kepala Seksi Persandian Yakobus Sorbu.

    Berita Terkait

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    Distrik Airu Kini sudah tersambung Internet

    SENTANI - Distrik Airu yang menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayapura, yang merupakan salah satu daerah tersulit, terdepan Selengkapnya

    Kemenkominfo Latih UMKM dan Desa Wisata Maksimalkan Internet

    Kemenkominfo melatih UMKM dan desa wisata. Untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, produktivitas masyarakat memang harus tingkatkan. Selengkapnya

    Kolaborasi Telekomunikasi Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian

    Asosiasi Global System for Mobile Communications (GSMA), Proyek Telekomunikasi Infra (TIP/Telecom Infra Project), Universitas Telkom dan par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA