FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 02-2020

    2338

    Kominfo Fasilitasi ASN Kembangkan Kompetensi Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Cecep Ahmed Feisal menyatakan kompetensi digital perlu dikuasai oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Kominfo. Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi pengembangan kompetensi ASN melalui acara Sharing Knowledge Dasar Cloud Computing.

    “Sesuai arahan Bapak Menteri Kominfo yang mengharapkan agar pengembangan kompetensi digital skill tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat, tapi juga bagi PNS di lingkungan Kominfo itu sendiri,” katanya saat membuka acara di Ruang Anantakupa, Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (12/02/2020).

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari Kementerian Kominfo dalam mengembangkan kompetensi SDM Kominfo. "Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar mengedepankan pengembangan SDM sebagai pendukung utama pembangunan nasional," ungkapnya.

    Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pelaksanaan pemenuhan hak pegawai berkaitan dengan pengembangan kompetensi sebanyak minimal 20 jam pelajaran per tahun. "Seperti yang tertuang dalam PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, serta Peraturan LAN Nomor 10 tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi PNS. Oleh karena itu, kegiatan sharing knowledge ini dapat menjadi salah satu upaya yang cukup efektif dan efisien,” jelas Cecep Ahmed Feisal.

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo berharap, sharing knowledge yang menghadirkan Furin Ongko selaku Praktisi Ahli dari AWS ini, dapat memperbaharui pengetahuan terkini bagi pegawai di lingkungan Kominfo guna mendukung pengembangan industri 4.0. “Untuk itu setiap pegawai yang hadir dari awal sampai akhir nantinya akan diberikan sertifikat sebanyak 4 jam pelajaran,” tuturnya.

    Biro Kepegawaian dan Organisasi menggandeng Amazon Web Services (AWS) untuk Sharing Knowladge mengenai Dasar Cloud Computing. AWS memiliki program digital skill yang mendukung Program Nasional Kementerian Kominfo yakni Digital Talent Scholarship (DTS). Program itu ditujukan untuk meningkatkan kecakapan masyarakat Indonesia dalam bidang big data, internet of things, artificial intelligence, machine learning dan beberapa keterampilan digital lainnya. 

    Kepala BKO Cecep menambahkan, di tahun 2020, akan memfasilitasi pengembangan kompetensi pegawai dalam bentuk lainnya di bidang digital skill. "Seperti pelatihan dengan Pusdiklat, BPPTIK, maupun penyedia pelatihan lain. Contohnya Big Data, Basic-Intermediate Digital Skill, Desain Grafis, IT Service Management, dan Pelatihan GIS," jelasnya.

    Oleh karena itu, Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta dukungan seluruh pihak. "Baik pimpinan, pengelola kepegawaian maupun pegawai itu sendiri. Saya ucapkan selamat belajar dan berikanlah manfaat yang terbaik bagi organisasi, satuan kerja dan diri sendiri," ungkapnya. 

    Sharing Knowledge Dasar Cloud Computing dibagi menjai dua materi pokok yaitu Technical Essential yang diperuntukkan bagi pegawai yang memiliki dasar lebih khusus di bidang teknis IT, serta Business Essential bagi pegawai yang membutuhkan kompetensi digital skill namun tidak berlatar belakang IT. Materi Business Essential untuk struktural pada tanggal 12 Februari dan 17 Februari untuk pelaksana dan fungsional, serta materi Technical Essential pada 20 Februari 2020.


    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Dukung Pemilu 2024 Inklusif, Kominfo Fasilitasi Sulih Bahasa Isyarat Debat Capres dan Cawapres

    Pemerintah memastikan setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA