FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2020

    323

    Kominfo Ajak Pelaku UMKM Semarang Rebut Peluang Global

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Semarang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak pelaku pasar digital di Kota Semarang, Jawa Tengah merebut peluang pasar global. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo mendorong pelaku UMKM di Kota Semarang untuk memanfaatkan teknologi informasi digital. 

    "Karena UMKM sebagai pahlawan pengangkat ekonomi bangsa. Di era digital ini, masyarakat harus teredukasi dengan baik, termasuk pada peluang untuk memajukan UMKM melalui teknologi informasi," ujarnya dalam DigiTalk bertema Pasar Digital Lokal Raih Peluang Global di Balai Pertemuan Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/02/2020).

    Menurut Dirjen IKP, banyak teknologi informasi dan platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk merebut peluang global. "Dunia media sosial dan virtual adalah modal bagi pelaku UMKM, bagikan pengetahuan mengenai produk kepada pelanggan dan follower," jelasnya.

    Hadir dalam acara itu, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Semarang, Widoyono, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, FX. Bambang Suranggono dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrasmara.  Acara diskusi dimoderatori Wakil Ketua International Council for Small Business Kota Semarang, Fuad. 

    Siap Go Digital

    Dalam sambutan pembuka, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Semarang, Widoyono menyampaikan masyarakat Kota Semarang terutama generasi mudanya sudah siap untuk konversi berjualan dari konvensional ke digital. "Generasi milenial Kota Semarang sudah siap untuk berjualan digital," tegasnya.

    Arnaz Agung Andrasmara memaparkan pelaku ekonomi di era 4.0 merupakan cermin ekonomi kerakyatan, "Bersinergi dan berkolaborasi. Dapat dipertemukan, yang dulunya sulit menjadi mudah, yang tidak terhubung kemudian menjadi terhubung," jelasnya.

    Sementara, FX. Bambang Suranggono, mengingatkan keterampilan untuk menjalani perpindahan penjualan produk UMKM Kota Semarang dari konvensional ke online. "Dibutuhkan kecakapan menggunakan internet dan teknologi digital," ungkapnya. 

    Kegiatan Digitalk merupakan hasil kolaborasi Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, DItjen IKP dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang Dan Pemerintah Daerah Kota Semarang. Kegiatan itu diikuti lebih dari 200 wakil masyarakat, mahasiswa, dan komunitas UMKM di Kota Semarang.

    Berita Terkait

    Pemerintah Libatkan Pelaku UMKM Bangun Ekonomi Digital

    Selengkapnya

    Percepat Tranformasi Digital Agar Pelaku UMKM Jadi Pemain Tangguh Era Ekonomi Digital

    Pemerintah terus berupaya mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa naik kelas. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Komunitas Telekomunikasi Sempurnakan Infrastruktur Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama-sama melengkapi dan menyempurnakan Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Sebar Pesan Positif Hadapi Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air untuk terus menebarkan pesan-pesan positif terkait Covid-19 Selengkapnya