FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2020

    1080

    Kominfo Ajak Pelaku UMKM Semarang Rebut Peluang Global

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Semarang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak pelaku pasar digital di Kota Semarang, Jawa Tengah merebut peluang pasar global. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo mendorong pelaku UMKM di Kota Semarang untuk memanfaatkan teknologi informasi digital. 

    "Karena UMKM sebagai pahlawan pengangkat ekonomi bangsa. Di era digital ini, masyarakat harus teredukasi dengan baik, termasuk pada peluang untuk memajukan UMKM melalui teknologi informasi," ujarnya dalam DigiTalk bertema Pasar Digital Lokal Raih Peluang Global di Balai Pertemuan Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/02/2020).

    Menurut Dirjen IKP, banyak teknologi informasi dan platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk merebut peluang global. "Dunia media sosial dan virtual adalah modal bagi pelaku UMKM, bagikan pengetahuan mengenai produk kepada pelanggan dan follower," jelasnya.

    Hadir dalam acara itu, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Semarang, Widoyono, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, FX. Bambang Suranggono dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrasmara.  Acara diskusi dimoderatori Wakil Ketua International Council for Small Business Kota Semarang, Fuad. 

    Siap Go Digital

    Dalam sambutan pembuka, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Semarang, Widoyono menyampaikan masyarakat Kota Semarang terutama generasi mudanya sudah siap untuk konversi berjualan dari konvensional ke digital. "Generasi milenial Kota Semarang sudah siap untuk berjualan digital," tegasnya.

    Arnaz Agung Andrasmara memaparkan pelaku ekonomi di era 4.0 merupakan cermin ekonomi kerakyatan, "Bersinergi dan berkolaborasi. Dapat dipertemukan, yang dulunya sulit menjadi mudah, yang tidak terhubung kemudian menjadi terhubung," jelasnya.

    Sementara, FX. Bambang Suranggono, mengingatkan keterampilan untuk menjalani perpindahan penjualan produk UMKM Kota Semarang dari konvensional ke online. "Dibutuhkan kecakapan menggunakan internet dan teknologi digital," ungkapnya. 

    Kegiatan Digitalk merupakan hasil kolaborasi Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, DItjen IKP dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang Dan Pemerintah Daerah Kota Semarang. Kegiatan itu diikuti lebih dari 200 wakil masyarakat, mahasiswa, dan komunitas UMKM di Kota Semarang.

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Awas Hoaks! Petugas KPU Menyusup dan Beri Bocoran Debat Perdana

    detik.com memberitakan bantahan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman soal klaim yang menyebut adanya petuga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA