FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2020

    1261

    Menkominfo: Bisnis IoT untuk Kedaulatan Negara

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Pemerintah mendukung sepenuhnya pengembangan bisnis Internet of Things (IoT) di Indonesia, sepanjang teknologi pintar itu bisa memastikan kedaulatan negara, memerangi cyber crime, dan turut andil dalam perkembangan industri informatika.

    “Pertama-tama, saya menyambut dengan sangat hangat. Saya mendukung sepenuhnya usaha Sigfox Indonesia untuk mengembangkan bisnis IoT di Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate dalam Launching Sigfox Indonesia 0G Network: We Make Things Alive, di Grand Ballroom Ayana Midplaza Jakarta, Kamis (20/2/2020).

    Selanjutnya, Menteri Kominfo menyampaikan pesan Presiden terhadap perkembangan teknologi digital di Tanah Air. Pertama, bisnis IoT harus bisa menjaga dan memastikan kedaulatan negara dan keamanan negara. Kedua, jangan memberi ruang pada cyber crime. “Jangan sampai energi positif bangsa kita digunakan untuk hal-hal yang percuma secara negatif untuk memerangi hal yang tidak perlu di ruang digital kita,” katanya.

    Pesan ketiga, lanjut Menteri Johnny, Presiden minta ia mengembangkan industri informatika. “Satu keniscayaan dunia bermigrasi, bertransformasi dari pshycal space, pshycal world ke digital space. Indonesia pun demikian. Suka atau tidak suka, kita harus bermigrasi dari Indonesia fisik menuju Indonesia digital,” katanya.

    Sementara itu, CEO Sigfox Indonesia Johnny Swandi mengungkapkan bisnis yang dikembangkannya merupakan sebuah peluang untuk keberhasilan IoT di Indonesia. “Sigfox di Indonesia dapat menjadi sebuah peluang yang sangat besar bagi para solution provider di Indonesia untuk bisa memanfaatkan IoT dalam kehidupan,” ungkapnya.

    Kata kunci mengembangkan dan mengimplementasikan IoT di Indonseia adalah kolaborasi, bukan hanya pengusaha, tapi juga universitas dan pemerintah selaku regulator. “Sama-sama kita kembangkan IoT bagi peningkatkan kehidupan bernegara,” imbuhnya.

    Turut mendampingi Menteri Kominfo, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Ismail. Tampak pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri II BUMN Budi Gunadi Sadikin, Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Ridwan Djamaluddin, dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA