FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 02-2020

    409

    Tinjau Pembangunan Jalan Tol Sibanceh, Presiden: Pembebasan Lahan Berjalan Baik

    Kategori Berita Pemerintahan | Yusuf
    Presiden RI Joko Widodo (rompi ungu) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya Dindin Solahudin, dan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, usai mengunjungi beberapa titik lokasi pembangunan jalan Tol Sibanceh, Aceh Besar, Jum'at (21/02/2020) sore. - (AYH)

    Aceh Besar, Kominfo - Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Kabupaten Aceh Besar, tepatnya di Simpang Susun Blang Bintang yang merupakan seksi 4 dari ruas jalan tol Banda Aceh-Sigli yang menghubungkan Indrapuri dan Blang Bintang. Pembangunan jalan tol tersebut merupakan yang pertama di Provinsi Aceh dan direncanakan terhubung dengan jalan tol trans-Sumatera yang bermula dari Provinsi Lampung.

    “Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya cepat. Saya kira proses konstruksinya juga harus mengejar,” ujar Presiden usai mengunjungi beberapa titik lokasi pembangunan jalan tol Sibanceh, Aceh Besar, Jum'at (21/02/2020) sore.

    Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar sekitar pukul 17.40 WIB, dan langsung bertolak ke jalan Tol Sibance. Presiden didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya Dindin Solahudin, dan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

    Pengecekan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Sibanceh oleh Presiden RI

    Pembangunan jalan tol sepanjang 74 km tersebut, kata Presiden, tidak memiliki kendala yang berat, termasuk pembebasan lahan. Jokowi juga mengapresiasi pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait yang terus proaktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

    "Pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik, Alhamdulillah, sehingga tadi justru Dirut Hutama Karya menyampaikan pembebasan rampung, konstruksinya justru yang terbentrok," ujarnya.

    Presiden Jokowi juga menjelaskan, pembangunan jalan Tol Banda Aceh-Sigli ini dikerjakan dalam kurun waktu 14 bulan, atau sekitar 1 tahun 2 bulan. Presiden mengatakan bahwa cepatnya proses pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan tersebut disebabkan karena seluruh pihak terkait bekerja dengan sangat baik. Elemen pemerintah daerah, juga pelaksana kontraktor, memberikan penjelasan yang sangat baik kepada masyarakat terkait manfaat pembangunan jalan tol tersebut bagi masyarakat setempat.

    Sementara itu, Dirut Hutama Karya Dindin Solahudin mengatakan, Tol Sibanceh ditargetkan sudah bisa beroperasi libur lebaran tahun ini. Selain meninjau pembangunan jalan tol Sibanceh, Presiden Joko Widodo akan dijadwalkan bakal menghadiri acara Kenduri Kebangsaan di Kabupaten Bireuen, Sabtu (22/02/2020) esok. Acara tersebut merupakan serangkaian kunjungan Presiden di Provinsi Nagroe Aceh Darussalam. 

    Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Aceh

    Pengerjaan jalan tol trans-Sumatera memang terus dikebut oleh pemerintah. Pada November 2019 lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan ruas jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi hingga saat ini, yakni sepanjang 189,2 kilometer. Jalan tol di Provinsi Lampung tersebut nantinya akan disambungkan dengan ruas jalan tol di Palembang dan akan mengurangi waktu tempuh secara signifikan.

    Presiden berharap agar pada tahun 2024 mendatang, jalan tol trans-Sumatera yang menghubungkan Lampung hingga Aceh sudah dapat diselesaikan sehingga mempercepat mobilitas orang dan barang yang nantinya akan meningkatkan indeks daya saing Indonesia.(aik)

    Berita Terkait

    Berantas Peredaran Narkoba dengan Upaya Preventif dan Penegakan Hukum yang Konsisten

    Pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba bukanlah hal yang mudah karena masih tingginya supply (pemasok) dan demand (pengguna) narkoba Selengkapnya

    Tinjau Kantor Gugus Tugas Covid-19, Presiden Ingatkan Tugas Besar Belum Berakhir

    Masyarakat juga harus beradaptasi dengan kebiasaan baru agar aman dari Covid-19. Selengkapnya

    Tiga Arahan Terbaru Presiden Terkait Penanganan Pandemi Covid-19

    Salah satu arahan tersebut ialah mengenai pengendalian arus balik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Selengkapnya

    Peringati Trisuci Waisak, Presiden: Kita Akan Berjalan Bersama Lewati Segala Ujian

    Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dengan persaudaraan dan gotong royong, kita akan berjalan bersama melewati segala ujian dan kesulita Selengkapnya