FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2020

    1182

    Kominfo Gandeng Google Kembangkan Pelaku UMKM di Banda Aceh

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Aceh, Kominfo - Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo menggandeng Google Indonesia dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis Digital Entrepreneurship untuk pengembangan usaha para pelaku pemula UMKM di Kota Banda Aceh. 

    Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Sunarno menyatakan Bimtek Digital Entrepreneurship ini merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020.

    "Guna menyiapkan sumberdaya manusia untuk mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital di tahun 2020," ujarnya saat membuka Bimtek Digital Entrepreneurship di Kota Banda Aceh, Aceh, Sabtu (22/02/2020).

    Sunarno menyebut, pada tahun 2020, Kementerina Komifo menargetkan peserta Bimtek mencapai 22.500 orang dari seluruh Indonesia.  “Pada tahun 2020 Kementerian Kominfo menargetkan dapat menjangkau 22.500 peserta dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Bimtek serupa akan sering kami selenggarakan di beberapa titik pelaksanaan tingkat ibukota provinsi, kabupaten, dan kota,” jelasnya.


    Kegiatan itu diikuti 100 orang peserta yang datang dari Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Kegiatan ini dihadiri para pelaku pemula UMKM yang diharapkan dapat menjadi media belajar dalam mengembangkan usaha mereka. 

    Kepala Subbid Pengembangan Sertifikasi Komunikasi Pusbang Profesi dan Sertifikasi, Siti Wahyuningsih menambahkan, Bimtek serupa sebenarnya telah diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo tahun 2019 dengan target yang lebih kecil dan ketat.

    “Bimtek serupa telah kami selenggarakan pada tahun 2019 di tiga lokasi yaitu Depok, BSD, dan Bandung dengan target peserta masing-masing kota sebanyak 60 orang," jelasnya.

    Melalui Program Digital Talent Scholarship 2020, Kementerian Kominfo menargetkan bisa menciptakan 50 ribu orang yang punya kemampuan di bidang teknologi dan informasi. Secara khusus, di Provinsi Aceh, Kementerian Kominfo telah menyiapkan beasiswa pelatihan untuk lulusan perguruan tinggi, sekolah menengah atas dan kejuruan dan masyarakat umum.

    Ada tiga akademi yang dapat diikuti yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan Digital Enterpreneurship Academy (DEA). Guna melatih dan menyiapkan talenta digital yang kompeten di era industri 4.0., sebanyak 4 perguruan tinggi di Aceh terlibat aktif sebagai penyelenggara.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA