FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2020

    454

    Kominfo Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Surakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima penghargaan   Hasil Pengawasan Kearsipan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2019 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

    Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Munzaer menerima penghargaan mewakili Sekjen Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, di HJotel Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/02/2020).

    "Penghargaan dengan kategori AA atau Sangat Memuaskan itu diberikan kepada Kementerian Kominfo yang telah menjamin ketersedian dan pengelolaan arsip yang andal," ujar Munzaer.

    Menurut Kepala Biro Umum, pengawasan kearsipan yang dilakukan oleh ANRI merupakan implementasi UU No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. "Penilaiannya dilakukan dengan mengukur kesesuaian standar kearsipan dengan peraturan perundangan bidang kearsipan," tambahnya.

    Selain Kementerian Kominfo, berdasarkan penilian ANRI terdapat 15 kementerian lain yang memiliki kategori penilaian AA atau Sangat Memuaskan.  Dalam acara tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mewakili Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi oleh Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik juga turut memberikan 104 penghargaan hasil pengawasan kearsipan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah tahun 2019.

    Menteri Tjahjo mengatakan bahwa e-government dibutuhkan untuk penguatan sistem dan jaringan informasi kearsipan, area perubahan tata laksana untuk manajemen kearsipan dan birokrasi. "Open government dibangun untuk mendukung sistem kearsipan yang terbuka dan partisipatif, sehingga implementasi e-government merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan," ungkapnya.

    Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi, serta para pejabat arsiparis dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

    Berita Terkait

    Menkominfo Tekankan Tiga Aspek Menuju Kenormalan Baru

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, kesiapan pemerintah dalam memasuki era new normal atau kenormalan baru meneka Selengkapnya

    Menkominfo Apresiasi Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mulai timbul kesadaran dalam menjalankan pro Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Sebar Pesan Positif Hadapi Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air untuk terus menebarkan pesan-pesan positif terkait Covid-19 Selengkapnya

    Menkominfo: Keterbukaan Informasi Bagian Integral Pembangunan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan saat ini bangsa Indonesia senantiasa menantikan informasi publik yang terbuka. Selengkapnya