FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2020

    1988

    Kominfo Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Surakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima penghargaan   Hasil Pengawasan Kearsipan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2019 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

    Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Munzaer menerima penghargaan mewakili Sekjen Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, di HJotel Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/02/2020).

    "Penghargaan dengan kategori AA atau Sangat Memuaskan itu diberikan kepada Kementerian Kominfo yang telah menjamin ketersedian dan pengelolaan arsip yang andal," ujar Munzaer.

    Menurut Kepala Biro Umum, pengawasan kearsipan yang dilakukan oleh ANRI merupakan implementasi UU No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. "Penilaiannya dilakukan dengan mengukur kesesuaian standar kearsipan dengan peraturan perundangan bidang kearsipan," tambahnya.

    Selain Kementerian Kominfo, berdasarkan penilian ANRI terdapat 15 kementerian lain yang memiliki kategori penilaian AA atau Sangat Memuaskan.  Dalam acara tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mewakili Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi oleh Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik juga turut memberikan 104 penghargaan hasil pengawasan kearsipan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah tahun 2019.

    Menteri Tjahjo mengatakan bahwa e-government dibutuhkan untuk penguatan sistem dan jaringan informasi kearsipan, area perubahan tata laksana untuk manajemen kearsipan dan birokrasi. "Open government dibangun untuk mendukung sistem kearsipan yang terbuka dan partisipatif, sehingga implementasi e-government merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan," ungkapnya.

    Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi, serta para pejabat arsiparis dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA